BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Hasil
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.
Siklus I
Dari
pelaksanaan kegiatan pembelajaran
pada Siklus I pada
siswa Kelas III MI
Muhammadiyah Wonorejo, dapat
dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.1
Data Hasil Belajar Siswa Siklus I
No.
|
Nama Siswa
|
Hasil Yang Dicapai
|
|
Nilai
|
Keterangan Nilai
|
||
1.
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
65
|
Tidak Tuntas
|
2.
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
95
|
Tuntas
|
3.
|
Fawwaz Haidar Ali
|
85
|
Tuntas
|
4.
|
Gilang Arya Ramadhan
|
60
|
Tidak Tuntas
|
5.
|
Koka Ipo Repedeso
|
60
|
Tidak Tuntas
|
6.
|
Lutfi Khoirurriza
|
60
|
Tidak Tuntas
|
7.
|
Misbahul Hasan
|
75
|
Tuntas
|
8.
|
Muhammad Usman Al Affan
|
65
|
Tidak Tuntas
|
9.
|
Muhammad Usman Al Affin
|
45
|
Tidak Tuntas
|
10.
|
Nazmi Davian Al Atif
|
95
|
Tuntas
|
11.
|
Septi Atma Pangastuti
|
65
|
Tidak Tuntas
|
12.
|
Siti Ponipah
|
45
|
Tidak Tuntas
|
13.
|
Gempur Sulthona
|
85
|
Tuntas
|
14.
|
Tegar Fisabililah
|
45
|
Tidak Tuntas
|
|
Rata-rata
|
67,5
|
KKM = 70
|
|
Persentase Ketuntasan
|
35 %
|
|
Tabel
4.2
Rekapitulasi Hasil Tes
Formatif Pembelajaran Siklus I
No
|
Rentang Nilai
|
Banyak Siswa
|
1
|
0- 39
|
0
|
2
|
40-49
|
3
|
3
|
50-59
|
0
|
4
|
60-69
|
6
|
5
|
70-79
|
1
|
6
|
80-89
|
2
|
7
|
90-99
|
2
|
8
|
100
|
0
|
Jumlah
|
14
|
Tabel 4.3
Persentase Hasil Tes Formatif
Pembelajaran Siklus I
Nilai
|
0-3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Jml siswa
|
Tuntas
|
Belum
Tuntas
|
Jml
Nilai
|
rata rata
|
||
Byk siswa
|
%
|
Byk siswa
|
%
|
||||||||||||
Byk siswa
|
0
|
3
|
0
|
6
|
1
|
2
|
2
|
-
|
14
|
9
|
64
|
5
|
36
|
977
|
69
|
Grafik
4.1
Data Siswa Yang Memperoleh Nilai Pada Siklus I
Berdasarkan tabel 4.1 dan Grafik 4.1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas III MI Muhammadiyah
Wonorejo pada Siklus I mencapai
rata-rata 67,5, dengan rincian dari 14 siswa, yang nilanya tuntas hanya 2 siswa
yang mendapat nilai 90, ada 2 siswa yang mendapat nilai 80, ada 1 siswa yang
mendapat nilai 70, kemudian yang tidak tuntas ada 6 siswa mendapat nilai 60,
ada 3 siswa mendapat nilai 40, jadi persentase ketuntasan siswa 35 %, dan yang
tidak tuntas sebanyak 65 % siswa, sehingga dapat dikatagorikan masih belum
memuaskan.
2.
Siklus II
Dari
pelaksanaan kegiatan pembelajaran
pada Siklus II pada
siswa Kelas III MI
Muhammadiyah Wonorejo, dapat
dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.4
Data Hasil Belajar Siswa Siklus II
No.
|
Nama Siswa
|
Hasil Yang Dicapai
|
|
Nilai
|
Keterangan Nilai
|
||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
95
|
Tuntas
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
80
|
Tuntas
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
100
|
Tuntas
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
80
|
Tuntas
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
80
|
Tuntas
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
45
|
Tidak Tuntas
|
7
|
Misbahul Hasan
|
75
|
Tuntas
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
65
|
Tidak Tuntas
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
45
|
Tidak Tuntas
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
95
|
Tuntas
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
80
|
Tuntas
|
12
|
Siti Ponipah
|
95
|
Tuntas
|
13
|
Gempur Sulthona
|
80
|
Tuntas
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
50
|
Tidak Tuntas
|
|
Rata-rata
|
76
|
KKM = 70
|
|
Persentase Ketuntasan
|
71 %
|
|
Tabel
4.5
Rekapitulasi Hasil Tes
Formatif Pembelajaran Siklus II
No
|
Rentang Nilai
|
Banyak Siswa
|
1
|
0- 39
|
0
|
2
|
40-49
|
2
|
3
|
50-59
|
1
|
4
|
60-69
|
1
|
5
|
70-79
|
1
|
6
|
80-89
|
5
|
7
|
90-99
|
3
|
8
|
100
|
1
|
Jumlah
|
14
|
Tabel 4.6
Persentase Hasil Tes Formatif
Pembelajaran Siklus II
Nilai
|
0-3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Jml siswa
|
Tuntas
|
Belum Tuntas
|
Jml
Nilai
|
rata rata
|
||
Byk siswa
|
%
|
Byk siswa
|
%
|
||||||||||||
Byk siswa
|
0
|
2
|
1
|
1
|
1
|
5
|
3
|
1
|
14
|
10
|
71
|
4
|
29
|
1.065
|
76
|
Grafik 4.2
Data Siswa Yang Memperoleh Nilai Pada Siklus II
Berdasarkan tabel 4.4 dan Grafik 4.2 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas III MI Muhammadiyah
Wonorejo pada Siklus II mencapai
rata-rata 76, dengan rincian dari 14 siswa, yang nilanya tuntas hanya 1 siswa
yang mendapat nilai 100, 3 siswa yang mendapat nilai 90, ada 5 siswa yang
mendapat nilai 80, ada 1 siswa yang mendapat nilai 70, kemudian yang tidak
tuntas ada 1 siswa mendapat nilai 60, ada 1 siswa mendapat nilai 50, dan ada 2
siswa yang ,mendapat nilai 40, jadi persentase ketuntasan siswa 71 %, dan yang
tidak tuntas sebanyak 29 % siswa, sehingga dapat dikatagorikan cukup memuaskan.
3.
Siklus III
Dari pelaksanaan kegiatan pembalajaran
pada Siklus III (ketiga) pada
siswa Kelas III MI
Muhmmdiyah Wonorejo, dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.7
Data Hasil Belajar Siswa Siklus III
No.
|
Nama Siswa
|
Hasil Yang Dicapai
|
|
Nilai
|
Keterangan Nilai
|
||
1.
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
100
|
Tuntas
|
2.
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
80
|
Tuntas
|
3.
|
Fawwaz Haidar Ali
|
100
|
Tuntas
|
4.
|
Gilang Arya Ramadhan
|
80
|
Tuntas
|
5.
|
Koka Ipo Repedeso
|
60
|
Tidak Tuntas
|
6.
|
Lutfi Khoirurriza
|
60
|
Tidak Tuntas
|
7.
|
Misbahul Hasan
|
80
|
Tuntas
|
8.
|
Muhammad Usman Al Affan
|
60
|
Tidak Tuntas
|
9.
|
Muhammad Usman Al Affin
|
75
|
Tuntas
|
10.
|
Nazmi Davian Al Atif
|
85
|
Tuntas
|
11.
|
Septi Atma Pangastuti
|
100
|
Tuntas
|
12.
|
Siti Ponipah
|
75
|
Tuntas
|
13.
|
Gempur Sulthona
|
95
|
Tuntas
|
14.
|
Tegar Fisabililah
|
80
|
Tuntas
|
|
Rata-rata
|
80
|
KKM = 70
|
|
Persentase Ketuntasan
|
78%
|
|
Tabel
4.8
Rekapitulasi Hasil Tes
Formatif Pembelajaran Siklus III
No
|
Rentang Nilai
|
Banyak Siswa
|
1
|
0- 39
|
-
|
2
|
40-49
|
-
|
3
|
50-59
|
-
|
4
|
60-69
|
3
|
5
|
70-79
|
2
|
6
|
80-89
|
5
|
7
|
90-99
|
1
|
8
|
100
|
3
|
Jumlah
|
14
|
Tabel 4.9
Persentase Hasil Tes Formatif
Pembelajaran Siklus III
Nilai
|
0-3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Jml siswa
|
Tuntas
|
Belum
Tuntas
|
Jml
Nilai
|
rata rata
|
||
Byk siswa
|
%
|
Byk siswa
|
%
|
||||||||||||
Byk siswa
|
-
|
-
|
-
|
3
|
2
|
5
|
1
|
3
|
14
|
11
|
78
|
3
|
12
|
1130
|
80
|
Grafik
4.3
Data Siswa Yang Memperoleh Nilai Pada Siklus III
Berdasarkan
tabel 4.7 dan Grafik
4.8 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas III
MI Muhammadiyah Wonorejo pada
Siklus III (ketiga) mencapai rata-rata 80, dengan rincian dari 14 siswa, yang mencapai nilai tuntas ada 3 siswa yang mendapat nilai 100, dan ada 1 siswa lagi mendapat nilai 90, dan ada 5 siswa mendapat nlai 80, ada 2 siswa
mendapat nilai 70, masih
ada juga nilai yang tidak tuntas yaitu ada 3 siswa mendapat
nilai 60, jadi secara keseluruan dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus
III (ketiga)
persentase ketuntasan siswa mencapai 80%,
sehingga dapat dikatagorikan sangat memuaskan.
Grafik 4.4
Rata-Rata
Nilai Tes dan Persentase Tuntas
|
Siklus I
(pertama), II (Dua), dan III (Tiga)
|
|
|
|
|
|
Presentase Ketuntasan
Nilai
Rata-Rata
Dari diagram
kelihatan pada Siklus I nilai rata-rata 67,5, dan Persentase Tuntas 35%,
dengan katagori buruk, pada Siklus II nilai rata-rata 76, dan Persentase Tuntas 71% dapat dikatagorikan cukup, dan pada Siklus III nilai rata-rata 80, dengan
Persentase Tuntas mencapai 78%,
sehingga dapat dikatagorikan sangat baik.
B.
Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian Tindakan Kelas
( PTK ) adalah penelitian yang dilakukan guru dikelasnya sendiri melalui
refleksi diri dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil
belajar siswa lebih meningkat.
Dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial khususnya jenis-jenis uang dan kegunaanya timbul masalah
bahwa siswa dapat memahami ciri-ciri uang kartal dan uang giral serta belum
memahami perbedaan ciri-ciri uang kertas dan uang logam.
Hal ini sesuai dengan
pendapat para ahli bahwa penggunaan media pembelajara atau alat peraga sangat
membantu siswa dalam proses pembelajaran. Begitu juga metode Picture and Picture dapat membantu siswa
dalam memahami konsep jenis-jenis uang dan kegunaannya.
Disini akan penulis bahas dari setiap siklus.
1.
Pada Siklus I
pembelajaran awal hasil evaluasinya menunjukkan ketidakberhasilan guru dalam
melaksanakan pembelajaran. Nilai rata-rata kelas hanya 67,5, yang tuntas hanya 5 dan yang belum tuntas 9 siswa. Tingkat ketuntasan hanya 35 %. Karena itu guru perlu melakukan tindakan
perbaikan pembelajaran.
2.
Siklus II, yaitu
perbaikan pembelajaran I, guru merubah metode
pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture. Dalam
kegiatan inti siswa dilibatkan langsung
untuk menjelaskan konsep jenis-jenis uang dan
kegunaannya sebuah permainan yang ditentukan dengan
bimbingan guru. Ternyata hasilnya mengalami peningkatan dari rata-rata 69 menjadi 76. anak
yang sudah tuntas dari 9 menjadi
10, tingkat ketuntasan dari 64%
menjadi 71%.
3.
Siklus III, pada
perbaikan pembelajaran II, guru mengarahkan pada pemahaman materi jenis-jenis uang dan kegunaannya. Dengan
bimbingan guru ternyata siswa mampu mencapi tujuan pembelajaran. Hal ini
ditunjukkan dari hasil nilai formatif yang meningkat dari rata-rata 76 pada perbaikan pembelajaran I, naik menjadi 80. Sedangkan siswa yang tuntas mencapai 11 siswa. Tingkat ketuntasan mencapai 78 %.
Jadi setelah diadakan
perbaikan-perbaikkan, kekurangan-kekurangan bisa diatasi dan pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Hal-hal yang unik yang
muncul pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah Sebagai berikut :
1. Siswa
terbiasa melihat berbagai jenis-jenis uang
kartal tetapi tidak memahami ciri-ciri uang kartal.
2. Ada
beberapa siswa yang masih salah dalam menyebutkan
perbedaan ciri-ciri uang kertas dengan uang logam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar