Rencana Pelaksanaan
PERBAIKAN Pembelajaran
( rpp Perbaikan )
Siklus III
Nama Sekolah : MI
Muhammadiyah Wonorejo
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema : Permainan
Kelas/Semester : III
/ 2
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
I. Standar Kompetensi :
1. IPS :
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
II. Kompetensi Dasar :
1. IPS :
2.1. Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
III. Indikator
1. IPS
2.1.1. Menjelaskan sejarah uang
2.1.2. Menyebutkan jenis-jenis uang
2.1.3.
Menyebutkan
beberapa macam kegunaan uang
IV. Tujuan
Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan sejarah uang dengan baik
2. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis uang dengan benar dan tepat
3. Melalui pengalaman diri sendiri, siswa dapat
menyebutkan beberapa macam kegunaan uang dengan baik dan benar
V. Tujuan
Perbaikan Pembelajaran
1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang jenis-jenis uang melalui
penggunaan model pembelajaran picture and picture
2. Menyebarkan pertanyaan minimal kepada 10 orang siswa tentang
pemahaman penggunaan uang
Karakter siswa yang diharapkan :
1.
Mandiri
2. Bersahabat/ Komunikatif
3. Kreatif
VI. Materi Ajar ( Materi Pokok )
:
IPS
Sejarah Uang
Pada
zaman sebelum mengenal uang, orang berusaha memnuhi kebutuhan hidupnya dengan
usaha sendiri. Mereka berburu, menangkap ikan, serta mencari buah dan
umbi-umbian sebagai bahan makanan. Untuk pakaian mereka menggunakan kulit kayu
atau binatang dan daun-daunan. Selanjutnya mereka melakukan barter untuk
memnuhi kebutuhan sehari-hari, tapi banyak kesulitan yang dihadapi karena
melakukan barter ini seperti kesulitan untuk menemukan orang yang mempunyai
barang yang diinginkan dan mau menukarkan dengan barang yang dimilikinya.
Jenis Uang
1. Uang
Kartal
a. Uang Kertas
Uang kertas terbuat dari bahan
khusus dan memiliki bentuk persegi panjang
b. Uang Logam
Uang logam terbuat dari logam
alumunium, perak dan tembaga. Bentuknya bundar dan pipih
2. Uang
Giral
a. Cek adalah suatu bentuk surat berharga yang
berfungsi sebagai alat pembayaran pengganti uang
b. Giro
adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat
menggunakan cek atau surat berharga lainnya
c. Wesel Pos adalah surat pos yang
dapat digunakan untuk mengirim uang
d. Kartu Kredit adalah alat peminjaman uang dari
bank yang diberikan dalam bentuk kartu plastik khusus.
Kegunaan uang yaitu sebagai alat tukar, alat
pembayaran yang sah, alat pembanding antara dua macam barang, dan alat untuk
menabung atau menyimpan kekayaan
VII. Metoda Pembelajaran :
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Metode
Picture and Picture
4.
Driil ( latihan soal )
VIII. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan awal ( 10 Menit )
- Salam pembuka, dengan cara menyapa
siswa tentang keadaan siswa dan kesiapan menerima pelajaran hari ini
- Menyampaikan
SK, KD dan Tujuan Pembelajaran
- Memberikan apersepsi dan motivasi melalui
tanya jawab tentang pembelajaran yang sudah diajarkan
2. Kegiatan inti ( 85
Menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai jumlah uang saku yang
dimiliki anak
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi
- Siswa menyebutkan jenis uang yang dibawa masing-masing
- Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sejarah uang
- Siswa melalui gambar dapat menyebutkan
nama-nama uang
- Siswa menyebutkan tentang kegunaan uang
- Siswa
mengerjakan lembar kerja siswa
- Siswa
mendengarjan pemantapan pemahaman dari guru
- Siswa
mengerjakan lembar evaluasi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
- Siswa dan guru bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan
Akhir ( 10 menit )
- Siswa dan guru mengadakan refleksi
tentang proses dan hasil belajar
IX. Alat dan
Sumber Belajar
Alat Peraga :
- Gambar
contoh-contoh jenis uang
Sumber
belajar :
F
Buku Buana
Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3, Dra. Indrastuti dkk, penerbit : Yudhistira,
hal 105-110
F
Buku Kajian Pengetahuan
Sosial kelas 3, Sudjatmoko Adisukarjo dkk, penerbit : Yudhistira, hal 55-58
X. PENILAIAN:
a. Prosedur tes :
Dalam proses
Tes akhir
b. Jenis tes : Tes Tertulis
c. Bentuk
tes : Tes uraian
d. Alat tes : - LKS ( terlampir )
- Evaluasi (
terlampir )
- Kunci Jawaban ( terlampir )
- Pedoman skor ( terlampir )
Pati, 04 Maret 2015
Mengetahui
Kepala MI
Muhammadiyah Runting Mahasiswa
Supervisor 2
Abdul Wahid, S.Pd.I Nurul
Faimala
NIP. 196910292006041001 NIM.
822342475
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester :
III/ 2
Materi Pokok :
Jenis-jenis Uang
Waktu :
15 menit
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1.
Apakah perbedaan uang giral dan
uang kartal ?
2.
Sebutkan
ciri-ciri uang kertas?
3.
Apakah yang dimaksud dengan cek ?
4.
Sebutkan kegunaan dari uang di kehidupan sehari-hari ?
5.
Apa syarat
terjadinya barter?
LEMBAR
EVALUASI
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester :
III/ 2
Materi Pokok :
Jenis-jenis Uang
Waktu :
20 menit
I. Berilah tanda silang ( X ) pada jawaban yang benar
!
1. Pertukaran barang antara satu pihak dengan pihak
yang lain hanya dapat dilakukan apabila ada ....
a. Persetujuan c. Persaingan
b. Pemaksaan d. Penolakan
2. Cek dan giro termasuk ke dalam jenis uang …
a. khusus c. kartal
b.
kertas d. Giral
3.
Yang bukan termasuk uang giral
adalah …
a.
Cek c. wesel pos
b.
Giro d. uang logam
4.
Salah satu
ciri uang logam adalah ....
a. Tercantum tahun cetakan
b. Tertulis nomor seri uang tersebut
c. Memiliki benang pengaman
d. Ada tanda tangan gubernur bank
5. Uang kertas dan uang logam yang sah digunakan
sebagai alat pembayaran disebut ...
a. Deposito c. Kartu kredit
b. Uang giral d. Uang kartal
II. Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1. Sebutkan ciri-ciri uang logam yang kamu ketahui ?
2. Apa yang dimaksud dengan kartu kredit ?
3. Apa saja kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari
?
4. Apa saja kesulitan dalam melakukan barter ?
5. Apa saja yang termasuk uang giral ?
KUNCI
JAWABAN LKS
1. Uang giral adalah uang yang dikeluarkan oleh bank
umum berupa surat-surat berharga. Sedangkan uang kartal adalah uang berupa
kertas dan logam yang digunakan sebagai alat pembayaran
2. a. Terdapat dua gambar pada kedua bagiannya
b.tercantum nilai nominal uang yang tertulis dengan angka atau huruf
c. terdapat tanda tangan gubernur Bank Indonesia
d. terdapat tulisan Bank Indonesia
e. tertulis nomer seri uang
f. terdapat benang pengaman
3. Cek adalah suatu bentuk surat berharga yang
berfungsi sebagai alat pembayaran pengganti uang
4. untuk memenuhi kebutuhan
sehari-hari, untuk menabung, sebagai alat pembayaran yang sah, sebagai alat
tukar
5. Dilakukan dengan sukarela atau
tidak ada pemaksaan diantar kedua belah pihak
KUNCI JAWABAN LEMBAR EVALUASI
I.
1. A
2. D
3. D
4. A
5. D
II.
1.
a. Terdapat
dua gambar pada sisinya
b tercantum nilai nominal dengan angka
c terdapat tulisan Bank Indonesia
2. Kartu Kredit adalah
3.
untuk
memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk menabung, sebagai alat pembayaran yang
sah, sebagai alat tuka
4.
– kesuliatan
untuk menenukan oran yang mempunyai barang yang diingikan dan mau menukarkan
barang yang dimilikinnya
- Kesulitan untuk
memperoleh barang yang dapat diperlukan satu sama lainnya dengan nilai
pertukaran yang seimbang .
5. Cek,
giro, wesel pos dan kartu kredit
SKOR PENILAIAN
I. Skor Maksimal 5
x 1 = 5
II. Skor Maksimal 5
x 3 = 15
Skor Maksimal perolehan siswa = I + II ( 5 + 15 = 20 )
Nilai perolehan siswa =
20 = 10
2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar