ANALISIS
HASIL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar : Jenis-Jenis Uang
Kelas / semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 04 Maret 2015
No
|
Nama
|
Analisis Hasil Perolehan
|
||
Nilai
|
Ketuntasan
|
|||
Tuntas
|
Belum
|
|||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
100
|
ü
|
-
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
80
|
ü
|
-
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
100
|
ü
|
-
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
80
|
ü
|
-
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
60
|
-
|
ü
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
60
|
-
|
ü
|
7
|
Misbahul Hasan
|
80
|
ü
|
-
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
60
|
-
|
ü
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
75
|
ü
|
-
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
85
|
ü
|
-
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
100
|
ü
|
-
|
12
|
Siti Ponipah
|
75
|
ü
|
-
|
13
|
Gempur Sulthona
|
95
|
ü
|
-
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
80
|
ü
|
-
|
|
Jumlah
|
1.130
|
11
|
3
|
Keterangan :
Nilai Terendah :
60
Nilai Tertinggi : 100
Nilai rata-rata :
80
Jumlah belum tuntas : 3
Jumlah tuntas :
11
Tingkat ketuntasan : 78 %
ANALISIS HASIL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi dasar : Jenis – Jenis Uang
Kelas / semester : III/ 2
Pelaksanaan : Rabu, 04 Maret 2015
No
|
Nama
|
Analisis Butir Soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
7
|
Misbahul Hasan
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
12
|
Siti Ponipah
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
13
|
Gempur Sulthona
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
|
Jumlah Benar
Jumlah Salah
Jumlah Benar ( % )
|
10
4
71
|
12
2
85
|
8
6
57
|
11
3
78
|
14
0
100
|
11
3
78
|
12
2
85
|
12
2
85
|
9
5
65
|
10
4
71
|
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 04 Maret 2015
Tujuan : Untuk mengetahui perubahan-
perubahan yang terjadi
selama pembelajaran
No
|
Aspek yang di Observasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
A. Guru
Menggunakan alat bantu yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
|
ü
|
|
Sudah
|
2.
|
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran dalam urutan yang logis.
|
ü
|
|
Sudah urut
|
3.
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara individual, kelompok, dan klasikal.
|
ü
|
|
Kurang
|
4.
|
Memberikan petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran.
|
ü
|
|
Jelas diterima
|
5.
|
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar.
|
ü
|
|
Sudah
|
6.
|
Memberikan latihan soal
|
ü
|
|
Sudah
|
7.
|
Volume suara guru dalam menyampaikan
pelajaran cukup.
|
ü
|
|
Cukup
|
8.
|
Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran.
|
ü
|
|
Sudah
|
1.
|
B. Siswa
Antusias siswa terhadap pembelajaran.
|
ü
|
|
Kurang
|
2.
|
Keberanian siswa untuk bertanya.
|
ü
|
|
Kurang
|
3.
|
Kemauan siswa untuk menggunakan alat
peraga.
|
ü
|
|
Sudah
|
4.
|
Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan.
|
ü
|
|
Cukup
|
5.
|
Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
ü
|
|
Cukup
|
1.
|
C. Sarana dan Prasarana
Tersedianya alat peraga
|
ü
|
|
Sudah
|
2.
|
Jumlah buku yang dimiliki murid memadai.
|
ü
|
|
Cukup
|
3.
|
Buku – buku pendukung yang relevan
|
ü
|
|
Cukup
|
LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi
Dasar : Jenis-Jenis Uang
Kelas / Semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 04 Maret 2015
Fokus observasi : 1. Meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung.
2. Meningkatkan hasil belajar / prestasi
siswa
No
|
Aspek Yang Diobservasi
|
Jumlah
|
Catatan
|
|||||
Appersepsi
|
%
|
Inti
|
%
|
Akhir
|
%
|
|||
1
|
Anak yang kurang memperhatikan
penjelasan guru.
|
-
|
-
|
2
|
14
|
2
|
14
|
|
2
|
Anak kurang berani bertanya / mengemukakan
pendapat.
|
-
|
-
|
3
|
21
|
3
|
21
|
|
3
|
Anak kurang berani maju ke depan
|
-
|
-
|
5
|
35
|
1
|
6
|
|
4
|
Anak pasif menggunakan alat peraga.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
5
|
Anak ramai sendiri.
|
-
|
-
|
4
|
28
|
-
|
-
|
|
6
|
Anak tidak mau menjawab pertanyaan
|
-
|
-
|
2
|
14
|
-
|
6
|
|
7
|
Anak tidak mau mengerjakan tugas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
8
|
Anak makan di kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
9
|
Anak sering memukul meja.
|
-
|
-
|
2
|
13
|
-
|
-
|
|
10
|
Anak mengganggu temannya.
|
-
|
-
|
2
|
13
|
-
|
-
|
|
11
|
Anak mengantuk / tidur di kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
12
|
Anak sering keluar kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
13
|
Anak selalu berpindah tempat.
|
-
|
-
|
3
|
21
|
1
|
6
|
|
14
|
Anak selalu mencari perhatian.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
15
|
Anak malas-malasan mengerjakan tugas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Komentar :
- Setelah
dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus III, keberanian mengemukakan
pendapat meningkat dari 57% menjadi 94%. Dari interpretasi tersebut didapat data keberanian siswa telah mencapai tingkat
maksimal.
- Kesimpulan.
Karena kemampuan siswa
dalam menguasai konsep pembelajaran sudah mencapai ketuntasan, maka sudah tidak
perlu dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya.
Pengamat
Abdul
Wahid, S.Pd.I
NIP. 19691029 200604 1 001
As stated by Stanford Medical, It is really the ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 42 lbs less than we do.
BalasHapus(And realistically, it has totally NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING to "how" they are eating.)
P.S, I said "HOW", not "WHAT"...
Click on this link to determine if this brief questionnaire can help you release your real weight loss potential