Selasa, 20 Oktober 2015

CONTOH ANALISIS RPP SIKLUS III LAPORAN PKP UT PGSD 2015

ANALISIS HASIL TES FORMATIF

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar      : Jenis-Jenis Uang
Kelas / semester         : III / 2
Pelaksanaan                : Rabu, 04 Maret 2015
No
Nama
Analisis Hasil Perolehan
Nilai
Ketuntasan
Tuntas
Belum
1
Ahmad Nadhim Muhibbudin
100
ü   
-
2
Attala Insyira Irania Maharani
80
ü   
-
3
Fawwaz Haidar Ali
100
ü   
-
4
Gilang Arya Ramadhan
80
ü   
-
5
Koka Ipo Repedeso
60
-
ü   
6
Lutfi Khoirurriza
60
-
ü   
7
Misbahul Hasan
80
ü   
-
8
Muhammad Usman Al Affan
60
-
ü   
9
Muhammad Usman Al Affin
75
ü   
-
10
Nazmi Davian Al Atif
85
ü   
-
11
Septi Atma Pangastuti
100
ü   
-
12
Siti Ponipah
75
ü   
-
13
Gempur  Sulthona
95
ü   
-
14
Tegar Fisabililah
80
ü   
-

Jumlah
1.130
11
3
Keterangan :
            Nilai Terendah            :  60    
Nilai Tertinggi                        :  100  
Nilai rata-rata             :  80    
Jumlah belum tuntas  :  3      
Jumlah tuntas             :  11    
Tingkat ketuntasan     :  78 %


ANALISIS HASIL TES FORMATIF

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi dasar       : Jenis – Jenis Uang
Kelas / semester         : III/ 2
Pelaksanaan                : Rabu, 04 Maret 2015

No
Nama
Analisis Butir Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Ahmad Nadhim Muhibbudin
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
2
Attala Insyira Irania Maharani
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
ü   
ü   
3
Fawwaz Haidar Ali
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
4
Gilang Arya Ramadhan
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
5
Koka Ipo Repedeso
ü   
ü   
x
x
ü   
x
ü   
ü   
ü   
x
6
Lutfi Khoirurriza
ü   
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
x
7
Misbahul Hasan
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
ü   
8
Muhammad Usman Al Affan
ü   
ü   
x
x
ü   
x
ü   
ü   
x
ü   
9
Muhammad Usman Al Affin
ü   
ü   
x
ü   
ü   
x
ü   
ü   
x
ü   
10
Nazmi Davian Al Atif
ü   
ü   
x
ü   
ü   
ü   
ü   
x
ü   
ü   
11
Septi Atma Pangastuti
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
12
Siti Ponipah
ü   
ü   
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
13
Gempur  Sulthona
ü   
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
14
Tegar Fisabililah
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
ü   

Jumlah Benar
Jumlah Salah
Jumlah Benar ( % )
10
4
71
12
2
85
8
6
57
11
3
78
14
0
100
11
3
78
12
2
85
12
2
85
9
5
65
10
4
71







LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester         : III / 2
Pelaksanaan                : Rabu, 04 Maret 2015
Tujuan                         : Untuk mengetahui perubahan- perubahan yang terjadi
                                      selama pembelajaran
No
Aspek yang di Observasi
Kemunculan
Komentar
Ya
Tidak

1.

A.      Guru
Menggunakan alat bantu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
ü   


Sudah
2.

Melaksanakan  kegiatan
pembelajaran dalam urutan yang logis.
ü   


Sudah urut
3.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara individual, kelompok, dan klasikal.

ü   


Kurang
4.

Memberikan petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran.

ü   

Jelas diterima
5.
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar.
ü   

Sudah
6.
Memberikan latihan soal
ü   

Sudah
7.

Volume suara guru dalam menyampaikan pelajaran cukup.

ü   


Cukup
8.
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran.

ü   

Sudah

1.
B.      Siswa
Antusias siswa terhadap pembelajaran.

ü   



Kurang
2.
Keberanian siswa untuk bertanya.
ü   

Kurang
3.
Kemauan siswa untuk menggunakan alat
peraga.
ü   

Sudah
4.
Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan.
ü   

Cukup
5.

Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
ü   


Cukup

1.
C.      Sarana dan Prasarana
Tersedianya alat peraga
ü   


Sudah
2.
Jumlah buku yang dimiliki murid memadai.
ü   

Cukup
3.
Buku – buku pendukung yang relevan
ü   

Cukup




















LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar      : Jenis-Jenis Uang
Kelas / Semester         : III / 2
Pelaksanaan                : Rabu, 04 Maret 2015
Fokus observasi          : 1.  Meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar                                                      mengajar berlangsung.
                                      2. Meningkatkan hasil belajar / prestasi siswa

No
Aspek Yang Diobservasi
Jumlah
Catatan
Appersepsi
%
Inti
%
Akhir
%
1
Anak yang kurang memperhatikan penjelasan guru.
-
-
2
14
2
14

2
Anak kurang berani bertanya / mengemukakan pendapat.
-
-
3
21
3
21

3
Anak kurang berani maju ke depan
-
-
5
35
1
6

4
Anak pasif menggunakan alat peraga.
-
-
-
-
-
-

5
Anak ramai sendiri.
-
-
4
28
-
-

6
Anak tidak mau menjawab pertanyaan
-
-
2
14
-
6

7
Anak tidak mau mengerjakan tugas.
-
-
-
-
-
-

8
Anak makan di kelas.
-
-
-
-
-
-

9
Anak sering memukul meja.
-
-
2
13
-
-

10
Anak mengganggu temannya.
-
-
2
13
-
-

11
Anak mengantuk / tidur di kelas.
-
-
-
-
-
-

12
Anak sering keluar kelas.
-
-
-
-
-
-

13
Anak selalu berpindah tempat.
-
-
3
21
1
6

14
Anak selalu mencari perhatian.
-
-
-
-
-
-

15
Anak malas-malasan mengerjakan tugas.
-
-
-
-
-
-


Komentar        :
  1. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus III, keberanian mengemukakan pendapat meningkat dari  57% menjadi 94%. Dari interpretasi  tersebut didapat data   keberanian siswa telah mencapai tingkat maksimal.
  2. Kesimpulan.
Karena kemampuan siswa dalam menguasai konsep pembelajaran sudah mencapai ketuntasan, maka sudah tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya.


                                                                        Pengamat


                                                                        Abdul Wahid, S.Pd.I
                                                                        NIP. 19691029 200604 1 001


1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is really the ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 42 lbs less than we do.

    (And realistically, it has totally NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING to "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "WHAT"...

    Click on this link to determine if this brief questionnaire can help you release your real weight loss potential

    BalasHapus