Selasa, 20 Oktober 2015

CONTOH RPP LAPORAN PKP UT PGSD 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
  Siklus I

Nama Sekolah      :  MI Muhammadiyah Wonorejo
Mata Pelajaran    :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema                    :  Permainan
Kelas/Semester    :  III / 2
Alokasi Waktu     :  3 x 35 menit

I.          Standar Kompetensi :
            1.  IPS             :          
                 2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
     
II.        Kompetensi Dasar  :
      1.  IPS  :
2.1.   Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan

III.       Indikator
     1.    IPS
2.1.1.     Menjelaskan sejarah uang
2.1.2.     Menyebutkan jenis-jenis uang
2.1.3.     Menyebutkan beberapa macam kegunaan uang

IV.       Tujuan Pembelajaran :
a.    Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan sejarah uang dengan baik
b.   Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang dengan benar dan tepat
c.    Melalui pengalaman diri sendiri, siswa dapat menyebutkan beberapa macam kegunaan uang dengan baik dan benar

Karakter siswa yang diharapkan :  
1.       Mandiri
2.       Bersahabat/ Komunikatif
3.       Kreatif

V      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
 IPS
            Sejarah Uang
                        Pada zaman sebelum mengenal uang, orang berusaha memnuhi kebutuhan hidupnya dengan usaha sendiri. Mereka berburu, menangkap ikan, serta mencari buah dan umbi-umbian sebagai bahan makanan. Untuk pakaian mereka menggunakan kulit kayu atau binatang dan daun-daunan. Selanjutnya mereka melakukan barter untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari, tapi banyak kesulitan yang dihadapi karena melakukan barter ini seperti kesulitan untuk menemukan orang yang mempunyai barang yang diinginkan dan mau menukarkan dengan barang yang dimilikinya.
Jenis Uang
1.  Uang Kartal
     a.  Uang Kertas
Uang kertas terbuat dari bahan khusus dan memiliki bentuk persegi panjang
                 b.  Uang Logam
                     Uang logam terbuat dari logam alumunium, perak dan tembaga, bentuknya bundar dan pipih
2.  Uang Giral
a.  Cek adalah suatu bentuk surat berharga yang berfungsi sebagai alat pembayaran pengganti uang
b.  Giro adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan
     setiap saat menggunakan cek atau surat berharga lainnya
cWesel Pos adalah surat pos yang dapat digunakan untuk mengirim uang
d.  Kartu Kredit adalah alat peminjaman uang dari bank yang diberikan dalam bentuk kartu plastik khusus.
          Kegunaan uang yaitu sebagai alat tukar, alat pembayaran yang sah, alat pembanding antara dua macam barang, dan alat untuk menabung atau menyimpan kekayaan
           
VI.       Metoda Pembelajaran :
1.   Ceramah
2.   Demonstrasi
3.   Kerja Kelompok
4.   Driil ( latihan soal )

VII.     Langkah-langkah pembelajaran :
1.  Kegiatan awal  ( 10 Menit )
-   Salam pembuka, dengan cara menyapa siswa tentang keadaan siswa dan kesiapan menerima pelajaran hari ini
-   Menyampaikan SK, KD dan Tujuan Pembelajaran
-   Memberikan apersepsi dan motivasi melalui tanya jawab tentang pembelajaran yang sudah diajarkan
2. Kegiatan inti  ( 85 Menit )
           Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
-        Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai jumlah uang saku yang dimiliki anak

           Elaborasi
           Dalam kegiatan elaborasi
           -   Siswa menyebutkan jenis uang yang dibawa masing-masing
           -   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sejarah uang
           -   Siswa melalui gambar dapat menyebutkan nama-nama uang
           -   Siswa menyebutkan tentang kegunaan uang
           -   Siswa secara berkelompok membedakan antara Uang Kartal dan Uang Giral
           -   Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang jenis-jenis uang giral
           Konfirmasi
           Dalam kegiatan konfirmasi
           -   Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
           -   Siswa dan guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.  Kegiatan Akhir ( 10 menit )
      -     Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar

VIII.   Alat dan  Sumber Belajar

            Alat Peraga    :
            -   Gambar contoh-contoh jenis uang
            Sumber belajar          :
F  Buku Buana Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3, Dra. Indrastuti dkk, penerbit : Yudhistira, hal 105-110
F  Buku Kajian Pengetahuan Sosial kelas 3, Sudjatmoko Adisukarjo dkk, penerbit : Yudhistira, hal 55-58

IX.       PENILAIAN:
a.    Prosedur tes        : Dalam proses
                                                                                      Tes akhir
                                                            b.  Jenis tes               : Tes Tertulis
                                                            c.  Bentuk tes           : Tes uraian
                                                            d.  Alat tes                : - LKS                           ( terlampir )
                                                                                               - Evaluasi                     ( terlampir )
                                               - Kunci Jawaban          ( terlampir )
                                               - Pedoman skor            ( terlampir )




Pati, 18 Februari 2015
Mengetahui                                                                                                               
Kepala MI Muhammadiyah Runting                                 Mahasiswa
Supervisor 2


Abdul Wahid, S.Pd.I                                                           Nurul Faimala
NIP. 196910292006041001                                                NIM. 822342475


Latihan Soal

Nama              :
 I.    Pilihlah salah satu jawaban yang benar a, b, c, atau d !
1.   Di bawah ini yang bukan merupakan kegunaan uang adalah ….
      a.   alat tukar                                                c.   alat pemborosan
      b.   alat pembayaran yang sah                     d.   pembanding dua barang
2.   Kita harus menggunakan … apabila kita mengirim uang melalui kantor pos.
      a.   amplop                                                   c.   giro
      b.   wesel pos                                               d.   rekening
3.   Selain kantor pos, lembaga yang ditugaskan untuk mengirim uang adalah …
      a.   bank                                                       c.   kantor bea cukai
      b.   pegadaian                                               d.   departemen keuangan
4.   Cek dan giro termasuk ke dalam jenis uang …
      a.   khusus                                                    c.   kartal
      b.   kertas                                                     d.   giral
5.   Yang bukan termasuk uang giral adalah …
      a.   cek                                                         c.   wesel pos
      b.   giro                                                        d.   uang logam
                          
II.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1.     Apakah yang dimaksud dengan uang giral dan uang kartal ?
2.     Uang yang kita gunakan setiap hari terbuat dari ?
3.     Apakah yang dimaksud dengan Giro ?
4.     Sebutkan jenis-jenis uang giral ?
5.     Transaksi penjualan dan pembelian  terjadi jika ada ?



TUGAS KELOMPOK
Nama Kelompok :

NO
GAMBAR
JENIS UANG
DAN YANG MENGELUARKAN
1.

2.

3.

4.

5.

6.





KUNCI JAWABAN

I
1.      C
2.      B
3.      A
4.      D
5.      D


II.
1.       Uang giral adalah jenis uang berupa surat berharga dari bank yang sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Sedangkan uang kartal adalah uang kertas dan uang logam yang sah digunakan sebagai alat pembayaran.
2.       Terbuat dari bahan kertas dan logam
3.       Giro adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek atau surat berharga lainnya melalui pemidahbukuan
4.       Jenis-jenis uang giral yaitu Cek, Giro, Wesel Pos, Kartu Kredit
5.       Uang





























SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah            :   MI Muhammadiyah Tambaharjo
Tema                          :   Permainan
Mata Pelajaran          :   IPS
Kelas/Semester          :   III / 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
IPS
2.  Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang




2.1.  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan





Uang








2.1.1.    Menjelaskan sejarah uang
2.1.2.      Menyebutkan jenis-jenis uang
2.1.3.     Menyebutkan beberapa macam kegunaan uang


-     Mengamati contoh gambar-gambar uang
-    Menyebutkan kegunaan uang





Tugas Individu dan Kelompok

Latihan soal pilihan ganda

1. Di bawah ini yang bukan merupakan kegunaan uang adalah ….

2 x 35 menit

F  Buku Buana Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3, Dra. Indrastuti dkk, penerbit : Yudhistira, hal 105-110
F  Buku Kajian Pengetahuan Sosial kelas 3, Sudjatmoko Adisukarjo dkk, penerbit : Yudhistira, hal 55-58
Karakter siswa yang diharapkan :  Mandiri, Bersahabat/ Komunikatif, Kreatif


Pati,    Februari 2015
Mengetahui
Kepala MI Muhammadiyah Tambaharjo                             Mahasiswa
Supervisor 2




Abdul Wahid, S.Pd.I                                                              Nurul Faimala

NIP. 196910292006041001                                                   NIM. 822342475

2 komentar:

  1. Bapa/Ibu yang punya rpp ini, terima kasih atas rrpnya sudah membantu saya, saya dari Papua ini nomor hp 081354132173,

    BalasHapus