ANALISIS
HASIL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar : Jenis-Jenis Uang
Kelas / semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 18 Februari 2015
No
|
Nama
|
Analisis Hasil Perolehan
|
||
Nilai
|
Ketuntasan
|
|||
Tuntas
|
Belum
|
|||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
65
|
-
|
ü
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
95
|
ü
|
-
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
85
|
ü
|
-
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
60
|
-
|
ü
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
60
|
-
|
ü
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
60
|
-
|
ü
|
7
|
Misbahul Hasan
|
75
|
ü
|
-
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
65
|
-
|
ü
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
45
|
-
|
ü
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
95
|
ü
|
-
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
65
|
-
|
ü
|
12
|
Siti Ponipah
|
45
|
-
|
ü
|
13
|
Gempur Sulthona
|
85
|
ü
|
-
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
45
|
-
|
ü
|
|
Jumlah
|
945
|
5
|
9
|
Keterangan :
Nilai Terendah :
45
Nilai Tertinggi : 95
Nilai rata-rata :
67,5
Jumlah belum tuntas : 9
Jumlah tuntas :
5
Tingkat ketuntasan : 35 %
ANALISIS HASIL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi dasar : Jenis – Jenis Uang
Kelas / semester : III/ 2
Pelaksanaan : Rabu, 18 Februari 2015
No
|
Nama
|
Analisis Butir Soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
x
|
x
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
x
|
7
|
Misbahul Hasan
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
x
|
x
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
x
|
12
|
Siti Ponipah
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
x
|
ü
|
13
|
Gempur Sulthona
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
x
|
x
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
|
Jumlah Benar
Jumlah Salah
Jumlah Benar ( % )
|
4
10
28
|
5
9
35
|
13
1
92
|
8
6
57
|
8
6
57
|
13
1
92
|
11
3
78
|
9
5
64
|
9
5
64
|
8
6
57
|
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu,
18 Februari
2015
Tujuan : Untuk mengetahui perubahan-
perubahan yang terjadi
selama pembelajaran
No
|
Aspek yang di Observasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
A. Guru
Menggunakan alat bantu yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
|
|
ü
|
Belum
|
2.
|
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran dalam urutan yang logis.
|
ü
|
|
Sudah urut
|
3.
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara individual, kelompok, dan klasikal.
|
|
ü
|
Kurang
|
4.
|
Memberikan petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran.
|
ü
|
|
Jelas diterima
|
5.
|
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar.
|
|
ü
|
Kurang
|
6.
|
Memberikan latihan soal
|
ü
|
|
Sudah
|
7.
|
Volume suara guru dalam menyampaikan
pelajaran cukup.
|
ü
|
|
Cukup
|
8.
|
Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran.
|
ü
|
|
Sudah
|
1.
|
B. Siswa
Antusias siswa terhadap pembelajaran.
|
|
ü
|
Kurang
|
2.
|
Keberanian siswa untuk bertanya.
|
|
ü
|
Kurang
|
3.
|
Kemauan siswa untuk menggunakan alat
peraga.
|
|
ü
|
Belum ada
|
4.
|
Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan.
|
ü
|
|
Kurang
|
5.
|
Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
ü
|
Kurang
|
1.
|
C. Sarana dan Prasarana
Tersedianya alat peraga
|
|
ü
|
Belum ada
|
2.
|
Jumlah buku yang dimiliki murid memadai.
|
ü
|
|
Cukup
|
3.
|
Buku – buku pendukung yang relevan
|
ü
|
|
Cukup
|
LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi
Dasar : Jenis-Jenis Uang
Kelas / Semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu,
18 Februari 2015
Fokus observasi : 1.
Meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung.
2. Meningkatkan hasil belajar / prestasi
siswa
No
|
Aspek Yang Diobservasi
|
Jumlah
|
Catatan
|
|||||
Appersepsi
|
%
|
Inti
|
%
|
Akhir
|
%
|
|||
1
|
Anak yang kurang memperhatikan
penjelasan guru.
|
-
|
-
|
5
|
35
|
1
|
6
|
|
2
|
Anak kurang berani bertanya / mengemukakan
pendapat.
|
-
|
-
|
12
|
75
|
10
|
53
|
|
3
|
Anak kurang berani maju ke depan
|
-
|
-
|
7
|
50
|
1
|
6
|
|
4
|
Anak pasif menggunakan alat peraga.
|
-
|
-
|
4
|
28
|
-
|
-
|
|
5
|
Anak ramai sendiri.
|
-
|
-
|
4
|
28
|
-
|
-
|
|
6
|
Anak tidak mau menjawab pertanyaan
|
-
|
-
|
2
|
14
|
-
|
6
|
|
7
|
Anak tidak mau mengerjakan tugas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
8
|
Anak makan di kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
9
|
Anak sering memukul meja.
|
-
|
-
|
2
|
13
|
-
|
-
|
|
10
|
Anak mengganggu temannya.
|
-
|
-
|
2
|
13
|
-
|
-
|
|
11
|
Anak mengantuk / tidur di kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
12
|
Anak sering keluar kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
13
|
Anak selalu berpindah tempat.
|
-
|
-
|
3
|
21
|
1
|
6
|
|
14
|
Anak selalu mencari perhatian.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
15
|
Anak malas-malasan mengerjakan tugas.
|
-
|
-
|
1
|
7
|
-
|
-
|
|
Komentar :
- Aspek
keberanian siswa dalam bertanya / mengemukakan pendapat rata-rata rendah
yaitu yaitu hanya mencapai 25%
- Kesimpulan.
Karena keberanian
siswa mengungkapkan pendapat sangat rendah yaitu 25%, maka pembelajaran untuk
meningkatkan keberanian siswa dalam menngungkapkan pendapatnya masih
sangat rendah.
Pengamat
Abdul
Wahid, S.Pd.I
NIP. 19691029 200604 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar