PENGGUNAAN METODE PICTURE AND
PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN
IPS MATERI JENIS-JENIS UANG SISWA KELAS III
SEMESTER II DI MI
MUHAMMADIYAH
WONOREJO TLOGOWUNGU PATI
TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
NURUL FAIMALA
NIM 822342475
ABSTRAK
Peningkatan ini dilatar
belakangi oleh adanya temuan yaitu siswa kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo
ketika diadakan pembelajaran IPS materi Jenis-Jenis Uang sejumlah 65% siswa
belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal(KKM) atau 35% siswa yang sudah
mencapai KKM. Sehingga dikategorikan buruk. Disamping rendahnya belajar,
kualitas proses pembelajaran juga belum baik. Perbaikan proses pembelajaran
juga perlu dilakukan agar kompetensi siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
materi Jenis-Jenis Uang melalui metode Picture and Picture. Kerangka berfikir
yang diajukan adalah bahwa jika guru kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo
memanfaatkan media gambar dan realita sebagai bahan praktikum dengan metode
Picture and Picture pada pembelajaran IPS akan meningkat. Sedangkan
pelaksanaan siklus I pada tanggal 18 Februari 2015, untuk perbaikan
siklus II pada tanggal 25 Februari 2015, dan siklus III pad tanggal 04 April
2015.Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada siswa kelas III MI
Muammadiyah Wonorejo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Picture and Picture dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi jenis-jenis
uang pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pati
pada semester II tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: hasil
belajar : Picture and Picture: IPS
Mksh byk contoh cara membuat abstrak. Dari parhanpkn.blogspot.com
BalasHapus