Selasa, 20 Oktober 2015

CONTOH ABSTRAK LAPORAN PKP UT PGSD 2015

PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN
 IPS MATERI JENIS-JENIS UANG SISWA KELAS III
SEMESTER II DI MI MUHAMMADIYAH
WONOREJO TLOGOWUNGU PATI
TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

NURUL FAIMALA
NIM 822342475
Alamat Email : doublexxx92@gmail.com


ABSTRAK


Peningkatan ini dilatar belakangi oleh adanya temuan yaitu siswa kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo ketika diadakan pembelajaran IPS materi Jenis-Jenis Uang sejumlah 65% siswa belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal(KKM) atau 35% siswa yang sudah mencapai KKM. Sehingga dikategorikan buruk. Disamping rendahnya belajar, kualitas proses pembelajaran juga belum baik. Perbaikan proses pembelajaran juga perlu dilakukan agar kompetensi siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan materi Jenis-Jenis Uang melalui metode Picture and Picture. Kerangka berfikir yang diajukan adalah bahwa jika guru kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo memanfaatkan media gambar dan realita sebagai bahan praktikum dengan metode Picture and Picture pada pembelajaran IPS akan meningkat. Sedangkan pelaksanaan  siklus I  pada tanggal 18 Februari 2015, untuk perbaikan siklus II pada tanggal 25 Februari 2015, dan siklus III pad tanggal 04 April 2015.Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada siswa kelas III MI Muammadiyah Wonorejo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi jenis-jenis uang pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pati pada semester II tahun pelajaran 2015/2016.



Kata kunci: hasil belajar : Picture and Picture: IPS

1 komentar: