BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang masalah
Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru di dalam kelas
kadang-kadang membuat guru kaku terutama dalam memilih satu atau metode pembelajaran, dan
mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya pendidikan
telah dilaksanakan semenjak adanya manusia, hakikatnya pendidikan merupakan
serangkaian peristiwa yang kompleks yang melibatkan beberapa komponen antara
lain: tujuan, murid , pendidik, isi/ bahan, cara/ metode dan situasi/
lingkungan. Hubungan keenam faktor tersebut berkait satu sama lain dan saling
berhubungan dalam suatu aktifitas satu pendidikan.
Keadaan SD
dengan sistem guru kelas, tidak menutup kemungkinan banyak guru yang mengalami
kesulitan dalam menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang optimal. Karena guru dituntut untuk mengejar target materi
yang cukup banyak dan harus diselesaikan pada setiap semester.
Keberhasilan pengajaran juga tergantung pada keberhasilan murid
dalam proses belajar mengajar, sedangkan keberhasilan murid tidak hanya
tergantung pada sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum maupun metode. Akan
tetapi guru mempunyai posisi yang sangat strategi dalam meningkatkan prestasi
murid dalam penggunaan strategi pembelajaran yang tepat.
Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan murid
belajar secara efektif dan efisien adalah metode pembelajaran picture and picture.
Banyaknya persiapan yang
ingin dilakukan dalam metode pembelajaran picture and picture sehingga guru merasa
terbebani dalam memberikan pembelajaran, dan guru lebih cenderung untuk
menggunakan pembelajaran langsung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar