ANALISIS
HASIL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar : Jenis-Jenis Uang
Kelas / semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 25 Februari 2015
No
|
Nama
|
Analisis Hasil Perolehan
|
||
Nilai
|
Ketuntasan
|
|||
Tuntas
|
Belum
|
|||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
95
|
ü
|
-
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
80
|
ü
|
-
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
100
|
ü
|
-
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
80
|
ü
|
-
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
80
|
ü
|
-
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
45
|
-
|
ü
|
7
|
Misbahul Hasan
|
75
|
ü
|
-
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
65
|
-
|
ü
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
45
|
-
|
ü
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
95
|
ü
|
-
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
80
|
ü
|
-
|
12
|
Siti Ponipah
|
95
|
ü
|
-
|
13
|
Gempur Sulthona
|
80
|
ü
|
-
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
50
|
-
|
ü
|
|
jumlah
|
1.065
|
10
|
4
|
Keterangan :
Nilai Terendah :
45
Nilai Tertinggi : 100
Nilai rata-rata :
76
Jumlah belum tuntas : 4
Jumlah tuntas :
10
Tingkat ketuntasan : 71 %
ANALISIS HASIL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi dasar : Jenis – Jenis Uang
Kelas / semester : III/ 2
Pelaksanaan : Rabu, 25 Februari 2015
No
|
Nama
|
Analisis Butir Soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1
|
Ahmad Nadhim Muhibbudin
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
2
|
Attala Insyira Irania Maharani
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
3
|
Fawwaz Haidar Ali
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Gilang Arya Ramadhan
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
5
|
Koka Ipo Repedeso
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
6
|
Lutfi Khoirurriza
|
ü
|
x
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
x
|
x
|
7
|
Misbahul Hasan
|
ü
|
ü
|
x
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
8
|
Muhammad Usman Al Affan
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
9
|
Muhammad Usman Al Affin
|
ü
|
x
|
ü
|
x
|
ü
|
x
|
x
|
x
|
x
|
ü
|
10
|
Nazmi Davian Al Atif
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
11
|
Septi Atma Pangastuti
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
12
|
Siti Ponipah
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
13
|
Gempur Sulthona
|
x
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
x
|
ü
|
ü
|
14
|
Tegar Fisabililah
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
|
Jumlah Benar
Jumlah Salah
Jumlah Benar ( % )
|
12
2
85
|
6
8
42
|
13
1
92
|
11
3
78
|
14
0
100
|
12
2
85
|
12
2
85
|
10
4
71
|
10
4
71
|
11
3
78
|
LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 25 Februari 2015
Tujuan : Untuk mengetahui perubahan-
perubahan yang terjadi
selama pembelajaran
No
|
Aspek yang di Observasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
A. Guru
Menggunakan alat bantu yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
|
ü
|
|
Sudah
|
2.
|
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran dalam urutan yang logis.
|
ü
|
|
Sudah urut
|
3.
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara individual, kelompok, dan klasikal.
|
ü
|
|
Kurang
|
4.
|
Memberikan petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran.
|
ü
|
|
Jelas diterima
|
5.
|
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar.
|
ü
|
|
Sudah
|
6.
|
Memberikan latihan soal
|
ü
|
|
Sudah
|
7.
|
Volume suara guru dalam menyampaikan
pelajaran cukup.
|
ü
|
|
Cukup
|
8.
|
Melaksanakan penilaian pada akhir
pembelajaran.
|
ü
|
|
Sudah
|
1.
|
B. Siswa
Antusias siswa terhadap pembelajaran.
|
|
ü
|
Kurang
|
2.
|
Keberanian siswa untuk bertanya.
|
|
ü
|
Kurang
|
3.
|
Kemauan siswa untuk menggunakan alat
peraga.
|
ü
|
|
Sudah
|
4.
|
Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan.
|
ü
|
|
Cukup
|
5.
|
Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
ü
|
|
Cukup
|
1.
|
C. Sarana dan Prasarana
Tersedianya alat peraga
|
ü
|
|
Sudah
|
2.
|
Jumlah buku yang dimiliki murid memadai.
|
ü
|
|
Cukup
|
3.
|
Buku – buku pendukung yang relevan
|
ü
|
|
Cukup
|
LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi
Dasar : Jenis-Jenis Uang
Kelas / Semester : III / 2
Pelaksanaan : Rabu, 25 Februari 2015
Fokus observasi : 1. Meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung.
2. Meningkatkan hasil belajar / prestasi
siswa
No
|
Aspek Yang Diobservasi
|
Jumlah
|
Catatan
|
|||||
Appersepsi
|
%
|
Inti
|
%
|
Akhir
|
%
|
|||
1
|
Anak yang kurang memperhatikan
penjelasan guru.
|
-
|
-
|
4
|
28
|
2
|
14
|
|
2
|
Anak kurang berani bertanya / mengemukakan
pendapat.
|
-
|
-
|
8
|
57
|
5
|
35
|
|
3
|
Anak kurang berani maju ke depan
|
-
|
-
|
5
|
35
|
1
|
6
|
|
4
|
Anak pasif menggunakan alat peraga.
|
-
|
-
|
3
|
21
|
-
|
-
|
|
5
|
Anak ramai sendiri.
|
-
|
-
|
4
|
28
|
-
|
-
|
|
6
|
Anak tidak mau menjawab pertanyaan
|
-
|
-
|
2
|
14
|
-
|
6
|
|
7
|
Anak tidak mau mengerjakan tugas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
8
|
Anak makan di kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
9
|
Anak sering memukul meja.
|
-
|
-
|
2
|
13
|
-
|
-
|
|
10
|
Anak mengganggu temannya.
|
-
|
-
|
2
|
13
|
-
|
-
|
|
11
|
Anak mengantuk / tidur di kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
12
|
Anak sering keluar kelas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
13
|
Anak selalu berpindah tempat.
|
-
|
-
|
3
|
21
|
1
|
6
|
|
14
|
Anak selalu mencari perhatian.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
15
|
Anak malas-malasan mengerjakan tugas.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Komentar :
- Setelah
dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I, keberanian mengemukakan
pendapat meningkat dari 25 %
menjadi 57%. Namun kemampuan siswa dalam
dalam menguasai konsep pembelajaran belum mencapai hasil yang maksimal.
- Kesimpulan.
Karena kemampuan siswa
dalam menguasai konsep pembelajaran masih kurang, maka perlu dilakukan
perbaiakan pembelajaran pada siklus berikutnya untuk mencapai nilai yang lebih
bagus lagi.
Pengamat
Abdul
Wahid, S.Pd.I
NIP. 19691029 200604 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar