LEMBAR
REFLEKSI
SETELAH
MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : Nurul Faimala
NIM : 822342475
Program Studi :
S1-PGSD
UPBJJ : 42/ Semarang
A. Refleksi Komponen
1. Apakah kegiatan membuka pelajaran yang
saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran
dengan baik ?
Kegiatan membuka
pelajaran yang saya lakukan kurang dapat mengarahkan siswa, tetapi sudah dapat
mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran yang baik.
2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/
bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi
terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?
)
Tanggapan siswa terhadap materi/ bahan ajar yang saya sampaikan sudah
sesuai dengan kemampuan siswa
3. Bagaimana respons siswa terhadap media
pembelajaran yang digunakan? ( Apakah media sesuai dan
mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang diajarkan ? )
Respons
siswa terhadap media pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Kartu Pecahan” telah
mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang saya ajarkan
4. Bagaimana tanggapan siswa terhadap
kegiatan belajar yang telah saya rancang ?
Tanggapan siswa sangat antusias terhadap kegiatan belajar yeng telah
saya rancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran( RPP ) dibuktikan dengan
partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
5. Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/
teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode
demonstrasi yang saya padukan dengan metode tanya jawab mendapatkan tanggapan
yang positif dari siswa
6. Bagaimana tanggapan siswa terhadap
pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah,
memotivasi siswa ) yang saya lakukan ?
Meskipun
belum maksimal tetapi secara garis besar telah baik dengan terciptanya suasana
yang kondusif
7. Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/
instruksi yang saya berikan dengan baik
?
Sebagian besar siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi yang saya
berikan dengan baik
8. Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap
latihan atau penilaian yang saya berikan ?
Penilaian yang saya berikan mampu dikerjakan dengan baik oleh 70% siswa
9. Apakah siswa telah mencapai penguasaaan
kemampuan yang telah ditetapkan ?
Setelah menyelesaikan pembelajaran siswa telah mencapai indikator
sebagaimana tercantum dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran
10. Apakah saya telah dapat mengatur dan
memanfaatkan pembelajaran dengan baik ?
Meskipun belum maksimal tetapi secara umum saya telah dapat mengatur
dan memanfaatkan pembelajaran dengan baik
11. Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya
gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran yang
saya sampaikan ?
Kegitan penutup dengan mengerjakan soal latiha dan menarik kesimpulan
dari pembelajaran yang telah dilakukan sudah dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman siswa
B. Refleksi
Menyeluruh
1. Apakah rencana pembelajaran yang saya
susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya
telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
Rencana pembelajaran yang telah saya susun cukup berjalan sebagaimana
mestinya
2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam
menyusun dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja penguasaan materi,
penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran,
penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa,
penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya adalah dalam alokasi waktu yang saya sediakan untuk
mendemonstrasikan “ Kartu Pecahan” ternyata terlalu singkat
3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut
dan bagaimana memperbaikinya ke depan ?
Hal ini karena kurang telitinya dalam menyusun perencanaan waktu.
Kedepannya, alokasi waktu akan saya sesuaikan dengan tingkat kesulitan materi
dan tingkat pemahaman siswa
4. Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik
yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Metode demontrasi yang saya lakukan dalam proses pembelajaran
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali kemampuan mereka
5. Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang
telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Metode yang saya gunakan kali ini di masa yang akan datang akan saya
perbaiki
6. Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam
mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
Dengan
penyusunan Rencana Pembelajaran yang lebih matang, penyiapan sumber belajar,
dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat saya berharap kegiatan
pembelajaran yang akan saya lakukan bisa lebih berhasil
7. Hal-hal unik ( positif atau negatif ) apa
yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan ?
Antusiasme siswa pada demontrasi yang saya peragakan
8. Ketika ditanya tentang dasar dan alasan
pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya
dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral ?
Saya dapat mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan pembelajaran secara
ilmiah dan moral
Tidak ada komentar:
Posting Komentar