LEMBAR
REFLEKSI
SETELAH
MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : Nurul Faimala
NIM : 822342475
Program Studi :
S1-PGSD
UPBJJ : 42/ Semarang
A. Refleksi Komponen
1. Apakah kegiatan membuka pelajaran yang
saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran
dengan baik ?
Kegiatan membuka pelajaran
yang saya lakukan sudah dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti
pelajaran dengan baik
2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/
bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi
terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?
)
Siswa menanggapi materi yang saya sajikan sesuai dengan harapan karena
sesuai dengan kemampuan awal siswa
3. Bagaimana respons siswa terhadap media
pembelajaran yang digunakan? ( Apakah media sesuai dan
mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang diajarkan ? )
Respons
siswa terhadap media pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Teks Pengumuman”
telah mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang saya ajarkan
4. Bagaimana tanggapan siswa terhadap
kegiatan belajar yang telah saya rancang ?
Tanggapan siswa sangat antusias terhadap kegiatan belajar yeng telah
saya rancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dibuktikan dengan
partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
5. Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/
teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode
ceramah yang saya padukan dengan metode
tanya jawab mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa
6. Bagaimana tanggapan siswa terhadap
pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah,
memotivasi siswa ) yang saya lakukan ?
Saya
berkesimpulan bahwa secara garis besar telah baik dengan terciptanya suasana
kelas yang kondusif
7. Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/
instruksi yang saya berikan dengan baik
?
Sebagian besar siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi yang saya
berikan dengan baik
8. Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap
latihan atau penilaian yang saya berikan ?
Penilaian yang saya berikan mampu dikerjakan dengan baik oleh 80% siswa
9. Apakah siswa telah mencapai penguasaaan
kemampuan yang telah ditetapkan ?
Setelah menyelesaikan pembelajaran siswa telah mencapai indikator
sebagaimana tercantum dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran
10. Apakah saya telah dapat mengatur dan
memanfaatkan pembelajaran dengan baik ?
Pengelolaan waktu yang saya lakukan telah berjalan dengan baik,
diindikasikan dengan tercapainya proses pembelajaran sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran dan alokasi waktu
11. Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya
gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran yang
saya sampaikan ?
Kegitan penutup dengan mengerjakan soal latiha dan menarik kesimpulan
dari pembelajaran yang telah dilakukan sudah dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman siswa
B. Refleksi
Menyeluruh
1. Apakah rencana pembelajaran yang saya
susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya
telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
Rencana pembelajaran yang telah saya susun berjalan sebagaimana
mestinya
2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam
menyusun dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja penguasaan materi,
penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik
pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan
terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya adalah dalam penggunaan waktu yang ternyata kurang, sebab
setiap siswa harus menjelaskan teks pengumuman di depan kelas
3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut
dan bagaimana memperbaikinya ke depan ?
Karena keterbatasan waktu, lebih berhati-hati dalam menyusun kegiatan
pembelajaran
4. Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik
yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Tanya
jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari
siswa
5. Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang
telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
Antusisme siswa dengan pembelajaran yang saya sampaikan sangat berkesan
6. Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam
mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
Kelebihan,
kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan
ditingkatkan
7. Hal-hal unik ( positif atau negatif ) apa
yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan ?
Ada beberapa siswa yang bingung memulai penjelelasannya saat berada di
depan kelas
8. Ketika ditanya tentang dasar dan alasan
pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya
dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral ?
Saya dapat mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan pembelajaran secara
ilmiah dan moral
Tidak ada komentar:
Posting Komentar