Selasa, 20 Oktober 2015

LAPORAN PKP UT PGSD BAB IV 2015

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.      Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.   Siklus I
Dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada Siklus I pada siswa Kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo, dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.1
Data Hasil Belajar Siswa Siklus I
No.
Nama Siswa
Hasil Yang Dicapai
Nilai
Keterangan Nilai
     1.   
Ahmad Nadhim Muhibbudin
65
Tidak Tuntas
     2.   
Attala Insyira Irania Maharani
95
Tuntas
     3.   
Fawwaz Haidar Ali
85
Tuntas
     4.   
Gilang Arya Ramadhan
60
Tidak Tuntas
     5.   
Koka Ipo Repedeso
60
Tidak Tuntas
     6.   
Lutfi Khoirurriza
60
Tidak Tuntas
     7.   
Misbahul Hasan
75
Tuntas
     8.   
Muhammad Usman Al Affan
65
Tidak Tuntas
     9.   
Muhammad Usman Al Affin
45
Tidak Tuntas
  10.   
Nazmi Davian Al Atif
95
Tuntas
  11.   
Septi Atma Pangastuti
65
Tidak Tuntas
  12.   
Siti Ponipah
45
Tidak Tuntas
  13.   
Gempur  Sulthona
85
Tuntas
  14.   
Tegar Fisabililah
45
Tidak Tuntas

Rata-rata
67,5
KKM = 70

Persentase Ketuntasan
35 %



Tabel  4.2
Rekapitulasi  Hasil Tes Formatif Pembelajaran Siklus I

No
Rentang Nilai
Banyak Siswa
1
0- 39
0
2
40-49
3
3
50-59
0
4
60-69
6
5
70-79
1
6
80-89
2
7
90-99
2
8
100
0
Jumlah
14


Tabel 4.3
Persentase Hasil Tes Formatif  Pembelajaran Siklus I

Nilai
0-3
4
5
6
7
8
9
10
Jml siswa
Tuntas
Belum Tuntas
Jml
Nilai
rata rata
Byk siswa
%
Byk siswa
%
Byk siswa
0
3
0
6
1
2
2
-
14
9
64
5
36
977
69







Grafik 4.1
Data Siswa Yang Memperoleh Nilai Pada Siklus I
Berdasarkan tabel 4.1 dan Grafik 4.1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo pada Siklus I  mencapai rata-rata 67,5, dengan rincian dari 14 siswa, yang nilanya tuntas hanya 2 siswa yang mendapat nilai 90, ada 2 siswa yang mendapat nilai 80, ada 1 siswa yang mendapat nilai 70, kemudian yang tidak tuntas ada 6 siswa mendapat nilai 60, ada 3 siswa mendapat nilai 40, jadi persentase ketuntasan siswa 35 %, dan yang tidak tuntas sebanyak 65 % siswa, sehingga dapat dikatagorikan masih belum memuaskan.








2.   Siklus II
  Dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada Siklus II pada siswa Kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo, dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.4
Data Hasil Belajar Siswa Siklus II
No.
Nama Siswa
Hasil Yang Dicapai
Nilai
Keterangan Nilai
1
Ahmad Nadhim Muhibbudin
95
Tuntas
2
Attala Insyira Irania Maharani
80
Tuntas
3
Fawwaz Haidar Ali
100
Tuntas
4
Gilang Arya Ramadhan
80
Tuntas
5
Koka Ipo Repedeso
80
Tuntas
6
Lutfi Khoirurriza
45
Tidak Tuntas
7
Misbahul Hasan
75
Tuntas
8
Muhammad Usman Al Affan
65
Tidak Tuntas
9
Muhammad Usman Al Affin
45
 Tidak Tuntas
10
Nazmi Davian Al Atif
95
Tuntas
11
Septi Atma Pangastuti
80
Tuntas
12
Siti Ponipah
95
Tuntas
13
Gempur  Sulthona
80
Tuntas
14
Tegar Fisabililah
50
 Tidak Tuntas

Rata-rata
76
KKM = 70

Persentase Ketuntasan
71 %






Tabel  4.5
Rekapitulasi  Hasil Tes Formatif Pembelajaran Siklus II

No
Rentang Nilai
Banyak Siswa
1
0- 39
0
2
40-49
2
3
50-59
1
4
60-69
1
5
70-79
1
6
80-89
5
7
90-99
3
8
100
1
Jumlah
14


Tabel 4.6
Persentase Hasil Tes Formatif  Pembelajaran Siklus II

Nilai
0-3
4
5
6
7
8
9
10
Jml siswa
Tuntas
Belum Tuntas
Jml
Nilai
rata rata
Byk siswa
%
Byk siswa
%
Byk siswa
0
2
1
1
1
5
3
1
14
10
71
4
29
1.065
76





Grafik 4.2
Data Siswa Yang Memperoleh Nilai Pada Siklus II
Berdasarkan tabel 4.4 dan Grafik 4.2 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo pada Siklus II  mencapai rata-rata 76, dengan rincian dari 14 siswa, yang nilanya tuntas hanya 1 siswa yang mendapat nilai 100, 3 siswa yang mendapat nilai 90, ada 5 siswa yang mendapat nilai 80, ada 1 siswa yang mendapat nilai 70, kemudian yang tidak tuntas ada 1 siswa mendapat nilai 60, ada 1 siswa mendapat nilai 50, dan ada 2 siswa yang ,mendapat nilai 40, jadi persentase ketuntasan siswa 71 %, dan yang tidak tuntas sebanyak 29 % siswa, sehingga dapat dikatagorikan cukup memuaskan.







3.     Siklus III
Dari pelaksanaan kegiatan pembalajaran pada  Siklus III (ketiga) pada siswa Kelas III MI Muhmmdiyah Wonorejo, dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.7
Data Hasil Belajar Siswa  Siklus III
No.
Nama Siswa
Hasil Yang Dicapai
Nilai
Keterangan Nilai
       1.           
Ahmad Nadhim Muhibbudin
100
Tuntas
     2.   
Attala Insyira Irania Maharani
80
Tuntas
     3.   
Fawwaz Haidar Ali
100
Tuntas
     4.   
Gilang Arya Ramadhan
80
Tuntas
     5.   
Koka Ipo Repedeso
60
Tidak Tuntas
     6.   
Lutfi Khoirurriza
60
Tidak Tuntas
     7.   
Misbahul Hasan
80
Tuntas
     8.   
Muhammad Usman Al Affan
60
Tidak Tuntas
     9.   
Muhammad Usman Al Affin
75
Tuntas
  10.   
Nazmi Davian Al Atif
85
Tuntas
  11.   
Septi Atma Pangastuti
100
Tuntas
  12.   
Siti Ponipah
75
Tuntas
  13.   
Gempur  Sulthona
95
 Tuntas
  14.   
Tegar Fisabililah
80
 Tuntas

Rata-rata
80
KKM = 70

Persentase Ketuntasan
78%






Tabel  4.8
Rekapitulasi  Hasil Tes Formatif Pembelajaran Siklus III
No
Rentang Nilai
Banyak Siswa
1
0- 39
-
2
40-49
-
3
50-59
-
4
60-69
3
5
70-79
2
6
80-89
5
7
90-99
1
8
100
3
Jumlah
14



Tabel 4.9
Persentase Hasil Tes Formatif  Pembelajaran Siklus III

Nilai
0-3
4
5
6
7
8
9
10
Jml siswa
Tuntas
Belum Tuntas
Jml
Nilai
rata rata
Byk siswa
%
Byk siswa
%
Byk siswa
-
-
-
3
2
5
1
3
14
11
78
3
12
1130
80






Grafik 4.3
Data Siswa Yang Memperoleh Nilai Pada Siklus III

Berdasarkan tabel 4.7 dan Grafik 4.8 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas III MI Muhammadiyah Wonorejo pada Siklus III (ketiga) mencapai rata-rata 80, dengan rincian dari 14 siswa, yang mencapai nilai tuntas ada 3 siswa yang mendapat nilai 100, dan ada 1 siswa lagi mendapat nilai 90, dan ada 5 siswa mendapat nlai 80, ada 2 siswa mendapat nilai 70, masih ada juga nilai yang tidak tuntas yaitu ada 3 siswa mendapat nilai 60, jadi secara keseluruan dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus III (ketiga) persentase ketuntasan siswa mencapai 80%, sehingga dapat dikatagorikan sangat memuaskan.






Grafik 4.4
Rata-Rata Nilai Tes dan Persentase Tuntas
Prosentase
 
Siklus I (pertama), II (Dua), dan III (Tiga)
80
 
78%
 
76
 
71%
 
67
 
35%
 
Presentase Ketuntasan
Nilai Rata-Rata

Dari diagram kelihatan pada Siklus I  nilai rata-rata 67,5, dan Persentase Tuntas 35%,   dengan katagori buruk, pada Siklus II  nilai rata-rata 76, dan Persentase Tuntas 71% dapat dikatagorikan cukup, dan pada Siklus III nilai rata-rata 80, dengan Persentase Tuntas mencapai 78%, sehingga dapat dikatagorikan sangat baik.
B.      Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) adalah penelitian yang dilakukan guru dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat.
Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya jenis-jenis uang dan kegunaanya timbul masalah bahwa siswa dapat memahami ciri-ciri uang kartal dan uang giral serta belum memahami perbedaan ciri-ciri uang kertas dan uang logam.
Hal ini sesuai dengan pendapat para ahli bahwa penggunaan media pembelajara atau alat peraga sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Begitu juga metode Picture and Picture dapat membantu siswa dalam memahami konsep jenis-jenis uang dan kegunaannya.
Disini akan penulis bahas dari setiap siklus.
1.     Pada Siklus I pembelajaran awal hasil evaluasinya menunjukkan ketidakberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Nilai rata-rata kelas hanya 67,5, yang tuntas hanya 5 dan yang belum tuntas 9 siswa. Tingkat ketuntasan hanya 35 %. Karena itu guru perlu melakukan tindakan perbaikan pembelajaran.
2.     Siklus II, yaitu perbaikan pembelajaran I, guru merubah metode  pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture. Dalam kegiatan inti siswa dilibatkan langsung  untuk menjelaskan konsep jenis-jenis uang dan kegunaannya sebuah permainan yang ditentukan dengan bimbingan guru. Ternyata hasilnya mengalami peningkatan dari rata-rata 69 menjadi 76. anak yang sudah tuntas dari 9 menjadi 10, tingkat ketuntasan dari 64% menjadi  71%.
3.     Siklus III, pada perbaikan pembelajaran II, guru mengarahkan pada pemahaman materi jenis-jenis uang dan kegunaannya. Dengan bimbingan guru ternyata siswa mampu mencapi tujuan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai formatif yang meningkat dari rata-rata 76 pada perbaikan pembelajaran I, naik menjadi 80. Sedangkan siswa yang tuntas mencapai 11 siswa. Tingkat ketuntasan mencapai 78 %.
Jadi setelah diadakan perbaikan-perbaikkan, kekurangan-kekurangan bisa diatasi dan pembelajaran  dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Hal-hal yang unik yang muncul pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah Sebagai berikut :
1.     Siswa terbiasa melihat berbagai jenis-jenis uang kartal tetapi tidak memahami ciri-ciri uang kartal.

2.     Ada beberapa siswa yang masih salah dalam menyebutkan perbedaan ciri-ciri uang kertas dengan uang logam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar