Selasa, 20 Oktober 2015

CONTOH ANALISIS RPP LAPORAN PKP UT PGSD 2015

ANALISIS HASIL TES FORMATIF

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar      : Jenis-Jenis Uang
Kelas / semester         : III / 2
Pelaksanaan                : Rabu, 18 Februari 2015
No
Nama
Analisis Hasil Perolehan
Nilai
Ketuntasan
Tuntas
Belum
1
Ahmad Nadhim Muhibbudin
65
-
ü   
2
Attala Insyira Irania Maharani
95
ü   
-
3
Fawwaz Haidar Ali
85
ü   
-
4
Gilang Arya Ramadhan
60
-
ü   
5
Koka Ipo Repedeso
60
-
ü   
6
Lutfi Khoirurriza
60
-
ü   
7
Misbahul Hasan
75
ü   
-
8
Muhammad Usman Al Affan
65
-
ü   
9
Muhammad Usman Al Affin
45
-
ü   
10
Nazmi Davian Al Atif
95
ü   
-
11
Septi Atma Pangastuti
65
-
ü   
12
Siti Ponipah
45
-
ü   
13
Gempur  Sulthona
85
ü   
-
14
Tegar Fisabililah
45
-
ü   

Jumlah
945
5
9
Keterangan :
            Nilai Terendah            :  45    
Nilai Tertinggi                        :  95    
Nilai rata-rata             :  67,5 
Jumlah belum tuntas  :  9      
Jumlah tuntas             :  5      
Tingkat ketuntasan     :  35 %


ANALISIS HASIL TES FORMATIF

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi dasar       : Jenis – Jenis Uang
Kelas / semester         : III/ 2
Pelaksanaan                : Rabu, 18 Februari 2015

No
Nama
Analisis Butir Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Ahmad Nadhim Muhibbudin
x
x
ü   
ü   
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
2
Attala Insyira Irania Maharani
ü   
ü   
ü   
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
3
Fawwaz Haidar Ali
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
4
Gilang Arya Ramadhan
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
x
x
5
Koka Ipo Repedeso
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
x
x
ü   
ü   
6
Lutfi Khoirurriza
x
x
ü   
x
ü   
ü   
ü   
x
x
x
7
Misbahul Hasan
ü   
x
ü   
ü   
x
ü   
ü   
ü   
x
ü   
8
Muhammad Usman Al Affan
x
ü   
ü   
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
x
9
Muhammad Usman Al Affin
x
x
ü   
x
x
ü   
ü   
x
ü   
ü   
10
Nazmi Davian Al Atif
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
11
Septi Atma Pangastuti
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
x
x
ü   
x
12
Siti Ponipah
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
x
x
x
ü   
13
Gempur  Sulthona
ü   
ü   
x
x
x
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
14
Tegar Fisabililah
x
x
ü   
x
x
ü   
ü   
ü   
x
x

Jumlah Benar
Jumlah Salah
Jumlah Benar ( % )
4
10
28
5
9
35
13
1
92
8
6
57
8
6
57
13
1
92
11
3
78
9
5
64
9
5
64
8
6
57







LEMBAR OBSERVASI
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester         : III / 2
Pelaksanaan                : Rabu, 18 Februari 2015
Tujuan                         : Untuk mengetahui perubahan- perubahan yang terjadi
                                      selama pembelajaran
No
Aspek yang di Observasi
Kemunculan
Komentar
Ya
Tidak

1.

A.      Guru
Menggunakan alat bantu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.



ü   

Belum
2.

Melaksanakan  kegiatan
pembelajaran dalam urutan yang logis.
ü   


Sudah urut
3.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara individual, kelompok, dan klasikal.



ü   

Kurang
4.

Memberikan petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran.

ü   

Jelas diterima
5.
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar.

ü   
Kurang
6.
Memberikan latihan soal
ü   

Sudah
7.

Volume suara guru dalam menyampaikan pelajaran cukup.

ü   


Cukup
8.
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran.

ü   

Sudah

1.
B.      Siswa
Antusias siswa terhadap pembelajaran.



ü   

Kurang
2.
Keberanian siswa untuk bertanya.

ü   
Kurang
3.
Kemauan siswa untuk menggunakan alat
peraga.


ü   
Belum ada
4.
Ketrampilan siswa menjawab pertanyaan.
ü   

Kurang
5.

Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


ü   
Kurang

1.
C.      Sarana dan Prasarana
Tersedianya alat peraga



ü   

Belum ada
2.
Jumlah buku yang dimiliki murid memadai.
ü   

Cukup
3.
Buku – buku pendukung yang relevan
ü   

Cukup




















LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar      : Jenis-Jenis Uang
Kelas / Semester         : III / 2
Pelaksanaan                : Rabu, 18 Februari 2015
Fokus observasi          : 1. Meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar                                                       mengajar berlangsung.
                                      2. Meningkatkan hasil belajar / prestasi siswa

No
Aspek Yang Diobservasi
Jumlah
Catatan
Appersepsi
%
Inti
%
Akhir
%
1
Anak yang kurang memperhatikan penjelasan guru.
-
-
5
35
1
6

2
Anak kurang berani bertanya / mengemukakan pendapat.
-
-
12
75
10
53

3
Anak kurang berani maju ke depan
-
-
7
50
1
6

4
Anak pasif menggunakan alat peraga.
-
-
4
28
-
-

5
Anak ramai sendiri.
-
-
4
28
-
-

6
Anak tidak mau menjawab pertanyaan
-
-
2
14
-
6

7
Anak tidak mau mengerjakan tugas.
-
-
-
-
-
-

8
Anak makan di kelas.
-
-
-
-
-
-

9
Anak sering memukul meja.
-
-
2
13
-
-

10
Anak mengganggu temannya.
-
-
2
13
-
-

11
Anak mengantuk / tidur di kelas.
-
-
-
-
-
-

12
Anak sering keluar kelas.
-
-
-
-
-
-

13
Anak selalu berpindah tempat.
-
-
3
21
1
6

14
Anak selalu mencari perhatian.
-
-
-
-
-
-

15
Anak malas-malasan mengerjakan tugas.
-
-
1
7
-
-



Komentar        :

  1. Aspek keberanian siswa dalam bertanya / mengemukakan pendapat rata-rata rendah yaitu yaitu hanya mencapai  25%
  2. Kesimpulan.
Karena keberanian siswa mengungkapkan pendapat sangat rendah yaitu 25%, maka pembelajaran untuk meningkatkan keberanian siswa dalam menngungkapkan pendapatnya masih sangat rendah.


                                                                        Pengamat


                                                                        Abdul Wahid, S.Pd.I
                                                                        NIP. 19691029 200604 1 001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar