Senin, 21 Oktober 2013

lembar refleksi matemtika kelas 4


LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                           :  Nurul Faimala
NIM                            :  822342475
Program Studi             :  S1-PGSD
UPBJJ                         :  42/ Semarang

A.     Refleksi Komponen
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
                  Kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan kurang dapat mengarahkan siswa, tetapi sudah dapat mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran yang baik.
2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/ bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa? )
                  Tanggapan siswa terhadap materi/ bahan ajar yang saya sampaikan sudah sesuai dengan kemampuan siswa
3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran  yang digunakan?           ( Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang diajarkan ? )
            Respons siswa terhadap media pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Kartu Pecahan” telah mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang saya ajarkan
4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang ?
                  Tanggapan siswa sangat antusias terhadap kegiatan belajar yeng telah saya rancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran( RPP ) dibuktikan dengan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/ teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
                  Metode demonstrasi yang saya padukan dengan metode tanya jawab mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa
6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa ) yang saya lakukan ?
                  Meskipun belum maksimal tetapi secara garis besar telah baik dengan terciptanya suasana yang kondusif
7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi  yang saya berikan dengan baik ?
                  Sebagian besar siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi yang saya berikan dengan baik
8.      Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan ?
                  Penilaian yang saya berikan mampu dikerjakan dengan baik oleh 70% siswa
9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaaan kemampuan yang telah ditetapkan ?
                  Setelah menyelesaikan pembelajaran siswa telah mencapai indikator sebagaimana tercantum dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran
10.    Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan pembelajaran dengan baik ?
                  Meskipun belum maksimal tetapi secara umum saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan pembelajaran dengan baik
11.    Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran yang saya sampaikan ?
                  Kegitan penutup dengan mengerjakan soal latiha dan menarik kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan sudah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa

B.     Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
                  Rencana pembelajaran yang telah saya susun cukup berjalan sebagaimana mestinya
2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
                  Kelemahan saya adalah dalam alokasi waktu yang saya sediakan untuk mendemonstrasikan “ Kartu Pecahan” ternyata terlalu singkat
3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan ?
                  Hal ini karena kurang telitinya dalam menyusun perencanaan waktu. Kedepannya, alokasi waktu akan saya sesuaikan dengan tingkat kesulitan materi dan tingkat pemahaman siswa
4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
                  Metode demontrasi yang saya lakukan dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali kemampuan mereka
5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
                  Metode yang saya gunakan kali ini di masa yang akan datang akan saya perbaiki
6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
Dengan penyusunan Rencana Pembelajaran yang lebih matang, penyiapan sumber belajar, dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat saya berharap kegiatan pembelajaran yang akan saya lakukan bisa lebih berhasil
7.      Hal-hal unik ( positif atau negatif ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan ?
                  Antusiasme siswa pada demontrasi yang saya peragakan
8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral ?
                  Saya dapat mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan pembelajaran secara ilmiah dan moral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar