Senin, 21 Oktober 2013

lembar refleksi bahasa indonesia kelas 5


LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                           :  Nurul Faimala
NIM                            :  822342475
Program Studi             :  S1-PGSD
UPBJJ                         :  42/ Semarang

A.     Refleksi Komponen
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
                  Kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan sudah dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik
2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/ bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa? )
                  Siswa menanggapi materi yang saya sajikan sesuai dengan harapan karena sesuai dengan kemampuan awal siswa
3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran  yang digunakan?           ( Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang diajarkan ? )
            Respons siswa terhadap media pembelajaran yang saya gunakan yaitu “Teks Pengumuman” telah mempermudah siswa menguasai kompetensi/ materi yang saya ajarkan
4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang ?
                  Tanggapan siswa sangat antusias terhadap kegiatan belajar yeng telah saya rancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dibuktikan dengan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/ teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
                  Metode  ceramah yang saya padukan dengan metode tanya jawab mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa
6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa ) yang saya lakukan ?
                  Saya berkesimpulan bahwa secara garis besar telah baik dengan terciptanya suasana kelas yang kondusif
7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi  yang saya berikan dengan baik ?
                  Sebagian besar siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi yang saya berikan dengan baik
8.      Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan ?
                  Penilaian yang saya berikan mampu dikerjakan dengan baik oleh 80% siswa
9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaaan kemampuan yang telah ditetapkan ?
                  Setelah menyelesaikan pembelajaran siswa telah mencapai indikator sebagaimana tercantum dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran
10.    Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan pembelajaran dengan baik ?
                  Pengelolaan waktu yang saya lakukan telah berjalan dengan baik, diindikasikan dengan tercapainya proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dan alokasi waktu  
11.    Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran yang saya sampaikan ?
                  Kegitan penutup dengan mengerjakan soal latiha dan menarik kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan sudah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa


B.     Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
                  Rencana pembelajaran yang telah saya susun berjalan sebagaimana mestinya
2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
                  Kelemahan saya adalah dalam penggunaan waktu yang ternyata kurang, sebab setiap siswa harus menjelaskan teks pengumuman di depan kelas
3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan ?
                  Karena keterbatasan waktu, lebih berhati-hati dalam menyusun kegiatan pembelajaran
4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
                  Tanya jawab yang saya jadikan metode ternyata mendapat tanggapan yang antusias dari siswa
5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
                  Antusisme siswa dengan pembelajaran yang saya sampaikan sangat berkesan
6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
Kelebihan, kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan


7.      Hal-hal unik ( positif atau negatif ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan ?
                  Ada beberapa siswa yang bingung memulai penjelelasannya saat berada di depan kelas
8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral ?
                  Saya dapat mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan pembelajaran secara ilmiah dan moral



Tidak ada komentar:

Posting Komentar