Rabu, 01 Mei 2013

RPP IPA TEMATIK KELAS 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  MI Muhammadiyah Tambaharjo
Mata Pelajaran    :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema                    :  Peristiwa 
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi :
1.   IPS                     :  6.   Mendeskripsikan lingkungan rumah.
2.   Matematika        :  6.   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah.

B.  Kompetensi Dasar  :
1.   IPS  :
      6.1.      Menceritakan  kembali peristiwa   penting.
  1. Matematika :
6.1.      Membilang  banyak  benda

C.  Indikator
      1.   IPS
            6.1.1.   Menceritakan contoh peristiwa yang menyenangkan
            6.1.2.   Menceritakan contoh peristiwa yang menyedihkan
      2.   Matematika
            6.1.1.   Membaca dan Menulis lambang bilangan satuan dan puluhan
            6.1.2.   Membilang loncat 2,4,6, dan lainnya

D.  Tujuan Pembelajaran :
1.   Melalui pengalaman diri sendiri, siswa dapat menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami dengan baik
2.   Melalui pengalaman diri sendiri, siswa dapat menceritakan peristiwa yang menyedihkan yang pernah dialami dengan baik
3.      Melalui demontrasi dengan kartu bilangan, siswa dapat membaca dan menulis lambang bilangan satuan dan puluhan dengan tepat
4.      Melalui demontrasi dengan kartu bilanngan, siswa dapat membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya dengan tepat

Karakter siswa yang diharapkan :       
  1. Toleransi
  2. Bersahabat/ Komunikatif
  3. Kreatif


E.  Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
      1.   IPS
            Peristiwa penting yang dialami
            Selain pengalaman, kamu tentunya pernah mengalami sebuah peristiwa
            Peristiwa adalah kejadian yang telah terjadi
            Kamu tentunya pernah mengalami berbagai peristiwa
            Peristiwa ada yang penting, ada juga yang biasa saja
            Ada yang masih kita ingat, ada pula yang sudah kita lupa
            Bila kita ingat suatu peristiwa
            Maka kita bisa menuliskanya, menyebutkan atau menceritakannya
            Misalnya menceritakan kembali kepada orang tua dan guru, serta teman di sekolah
            a.   Peristiwa menyenangkan
                  Berlibur ke pantai
                  Keluarga fandi berlibur ke pantai, pagi-pagi sebelum berangkat
                  Mereka sekeluarga sibuk mempersiapkan diri
                  Ayah membersihkan mobil dan mengecek kelengkapannya
                  Ibu mempersiapkan bekal
                  Fanda dan fandi mempersiapkan peralatan bermain di pantai
                  Sepanjang perjalanan mereka bernyanyi sambil menikmati pemandangan alam
                  Sesampai di pantai fanda dan fandi bermain sepuasnya
                  Tak terasa hari sudah siang, setelah makan di tepi pantai
                  Keluarga fandi pulang, wajah mereka tampak ceria
                 
                 






                                                                                 



            b.   Kehilangan uang
                  Fanda berangkat sekolah dengan terburu-buru
                  Fanda bangun kesiangan, semalam ia menonton televisi
                  Sarapannya juga tidak habis
                  Saat istirahat fanda hendak makan siang
                  Fanda sangat terkejut uang di dalam tasnya hilang
                  Fanda berpikir mungkin uangnya hilang di jalan

                  Fanda tidak mengancingkan tasnya karena terburu-buru
                  Fanda sedih dan menyesal atas kejadian itu
                  Fanda menceritakan peristiwa itu kepada ibu di rumah
                  Ibu menasehati fanda, lain kali jangan suka buru-buru dan teledor
                  Fanda berjanji selalu ingat nasihat ibu dan tidak tidur terlalu malam


 


2.      Matematika
Bilangan satuan contohnya 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,
Bilangan puluhan contohnya 10,11,12,...,.....
Kartu benda mulai angka 1,2,3,4,5,,6,7,8,9, dan 0

F.   Metoda Pembelajaran :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Demonstrasi
4.      Driil ( latihan soal )

G.  Langkah-langkah pembelajaran :
      1.   Kegiatan awal  ( 10 Menit )
            -     Salam pembuka, dengan cara menyapa siswa tentang keadaan siswa dan kesiapan menerima pelajaran hari ini
            -     Menyampaikan SK, KD dan Tujuan Pembelajaran
            -     Memberikan motivasi dan apersepsi dengan menyanyikan lagu “Delman” secara bersama-sama

      2.   Kegiatan inti  ( 55 Menit )
      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
-     Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai peristiwa penting yang pernah dialami
-     Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai hal-hal yang sedang terjadi di lingkungan saat ini

      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi
      -     Siswa melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar
      -     Siswa menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar
      -     Siswa mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa
      -     Siswa menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan
      -     Siswa dapat membedakan pengalaman yang menyenangkan dan pengalaman yang menyedihkan
      -     Siswa melalui benda yang diperlihatkan guru, siswa membilang banyak benda
-     Siswa membaca nama  bilangan tersebut dengan suara nyaring baik individual maupun klasikal
-     Siswa dapat membilang bilangan loncat
-     Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru

      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
      -     Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
      -     Siswa dan guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.   Kegiatan Akhir ( 5 menit )
      -     Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar

H.  Alat dan Sumber Belajar

      Alat                       :
      -     Gambar contoh-contoh pengalaman yang menyenangkan dan pengalaman yang menyedihkan

      Sumber belajar    :

F     Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1, Indrastuti & Penny Rahmawati, penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, hal 65-71
F     Buku Ilmu Pengetahuan Sosial  Kelas 1,Dra. Laili dkk,penerbit Erlangga, hal 7-10

I.       PENILAIAN:
Tehnik penilaian                :  tes tertulis
Aspek yang dinilai            :  pemahaman
Bentuk tes                         :  latihan soal pilihan ganda
Instumen                           :  terlampir


Pati, 9 Maret 2013
Mengetahui                                                                                                                           
Kepala MI Muhammadiyah                                                Mahasiswa
Supervisor 2


Muamaroh, S.Pd.I                                                                Nurul Faimala
NIP. 195807181982032001                                                   NIM. 822342475































LATIHAN SOAL
Nama              :

Pilihlah salah satu jawaban yang benar a,b atau c !
1.   Peristiwa adalah …….. yang telah terjadi
      a.   perayaan                                              c.   kejadian
      b.   kegiatan          
2.   Peristiwa penting selalu kita …
      a.   lupakan                                                c.   peringati
      b.   ingat
3.   Salah satu cara mengingat peristiwa yaitu …
      a.   melihat gambar                                    c.   melihat pemandangan
      b.   melihat foto    
4.   Anggota keluarga yang dapat menceritakan masa lalu kita adalah …
      a.   pak polisi                                             c.   tetangga
      b.   ayah
5.   Contoh peristiwa menyenangkan misalnya…
      a.   rumah kebanjiran                                 c.   juara lomba menggambar
      b.   kehilangan uang
6.   Contoh peristiwa menyedihkan misalnya…
      a.   merayakan agustusan                          c.   terbaring sakit
      b.   melihat sirkus
7.   Kehilangan uang termasuk peristiwa yang …
      a.   menyenangkan                                    c.   menyedihkan
      b.   bahagia
8.   contoh dari bilangan satuan adalah ….
      a.   12                                                        c.   37
      b.   2
9.   contoh bilangan puluhan adalah …
      a.   29                                                        c.   7
      b.   3
10.Mendapatkan sepeda baru merupakan peristiwa yang …
      a.   menyusahkan                                      c.   menyedihkan
      b.   menyenangkan
     






KUNCI JAWABAN

1.      C
2.      B
3.      B
4.      B
5.      C
6.      C
7.      C
8.      B
9.      A
10.    B




Tidak ada komentar:

Posting Komentar