Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MI
Muhammadiyah Tambaharjo
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : I /
2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. IPS : 6. Mendeskripsikan
lingkungan rumah.
2. Matematika :
6. Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah.
B. Kompetensi Dasar :
1. IPS :
6.1. Menceritakan kembali peristiwa penting.
- Matematika :
6.1. Membilang
banyak benda
C. Indikator
1. IPS
6.1.1. Menceritakan contoh peristiwa yang
menyenangkan
6.1.2. Menceritakan contoh peristiwa yang
menyedihkan
2. Matematika
6.1.1. Membaca dan Menulis lambang bilangan satuan
dan puluhan
6.1.2. Membilang loncat 2,4,6, dan lainnya
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui pengalaman diri
sendiri, siswa dapat menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang pernah
dialami dengan baik
2. Melalui pengalaman diri
sendiri, siswa dapat menceritakan peristiwa yang menyedihkan yang pernah
dialami dengan baik
3. Melalui demontrasi dengan kartu bilangan, siswa
dapat membaca dan menulis lambang bilangan satuan dan puluhan dengan tepat
4. Melalui demontrasi dengan kartu bilanngan, siswa
dapat membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya dengan tepat
Karakter siswa yang
diharapkan :
- Toleransi
- Bersahabat/ Komunikatif
- Kreatif
E. Materi Ajar ( Materi Pokok )
:
1. IPS
Peristiwa penting yang dialami
Selain pengalaman, kamu
tentunya pernah mengalami sebuah peristiwa
Peristiwa adalah
kejadian yang telah terjadi
Kamu tentunya pernah
mengalami berbagai peristiwa
Peristiwa ada yang
penting, ada juga yang biasa saja
Ada yang masih kita
ingat, ada pula yang sudah kita lupa
Bila kita ingat suatu
peristiwa
Maka kita bisa
menuliskanya, menyebutkan atau menceritakannya
Misalnya
menceritakan kembali kepada orang tua dan guru, serta teman di sekolah
a. Peristiwa menyenangkan
Berlibur
ke pantai
Keluarga
fandi berlibur ke pantai, pagi-pagi sebelum berangkat
Mereka
sekeluarga sibuk mempersiapkan diri
Ayah
membersihkan mobil dan mengecek kelengkapannya
Ibu
mempersiapkan bekal
Fanda
dan fandi mempersiapkan peralatan bermain di pantai
Sepanjang
perjalanan mereka bernyanyi sambil menikmati pemandangan alam
Sesampai
di pantai fanda dan fandi bermain sepuasnya
Tak
terasa hari sudah siang, setelah makan di tepi pantai
Keluarga
fandi pulang, wajah mereka tampak ceria
b. Kehilangan uang
Fanda
berangkat sekolah dengan terburu-buru
Fanda
bangun kesiangan, semalam ia menonton televisi
Sarapannya
juga tidak habis
Saat
istirahat fanda hendak makan siang
Fanda
sangat terkejut uang di dalam tasnya hilang
Fanda
berpikir mungkin uangnya hilang di jalan
Fanda
tidak mengancingkan tasnya karena terburu-buru
Fanda
sedih dan menyesal atas kejadian itu
Fanda
menceritakan peristiwa itu kepada ibu di rumah
Ibu
menasehati fanda, lain kali jangan suka buru-buru dan teledor
Fanda
berjanji selalu ingat nasihat ibu dan tidak tidur terlalu malam
2.
Matematika
Bilangan
satuan contohnya 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,
Bilangan
puluhan contohnya 10,11,12,...,.....
Kartu
benda mulai angka 1,2,3,4,5,,6,7,8,9, dan 0
F. Metoda Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Driil ( latihan soal )
G. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan awal
( 10 Menit )
- Salam pembuka, dengan cara menyapa siswa
tentang keadaan siswa dan kesiapan menerima pelajaran hari ini
- Menyampaikan SK, KD dan Tujuan Pembelajaran
- Memberikan motivasi dan apersepsi dengan menyanyikan
lagu “Delman” secara bersama-sama
2.
Kegiatan inti ( 55 Menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi
- Siswa dan guru melakukan
tanya jawab mengenai peristiwa penting yang pernah dialami
- Siswa dan guru melakukan
tanya jawab mengenai hal-hal yang sedang terjadi di lingkungan saat ini
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
- Siswa
melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar
- Siswa
menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar
- Siswa mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih
pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa
- Siswa menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling
berkesan
- Siswa dapat membedakan pengalaman yang menyenangkan dan
pengalaman yang menyedihkan
- Siswa melalui benda yang diperlihatkan guru, siswa membilang
banyak benda
- Siswa membaca nama bilangan tersebut dengan suara nyaring baik
individual maupun klasikal
- Siswa dapat membilang
bilangan loncat
- Siswa mengerjakan latihan
soal yang diberikan oleh guru
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
- Siswa dan guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
- Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil
belajar
H. Alat dan Sumber Belajar
Alat :
- Gambar contoh-contoh
pengalaman yang menyenangkan dan pengalaman yang menyedihkan
Sumber belajar :
F Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1,
Indrastuti & Penny Rahmawati, penerbit : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, hal 65-71
F Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1,Dra. Laili dkk,penerbit Erlangga, hal
7-10
I.
PENILAIAN:
Tehnik penilaian : tes tertulis
Aspek yang
dinilai : pemahaman
Bentuk tes : latihan soal pilihan ganda
Instumen : terlampir
Pati, 9 Maret 2013
Mengetahui
Kepala MI Muhammadiyah Mahasiswa
Supervisor
2
Muamaroh,
S.Pd.I Nurul
Faimala
NIP.
195807181982032001 NIM.
822342475
LATIHAN SOAL
Nama :
Pilihlah
salah satu jawaban yang benar a,b atau c !
1. Peristiwa
adalah …….. yang telah terjadi
a. perayaan c. kejadian
b. kegiatan
2. Peristiwa
penting selalu kita …
a. lupakan
c. peringati
b. ingat
3. Salah
satu cara mengingat peristiwa yaitu …
a. melihat gambar c. melihat pemandangan
b. melihat foto
4. Anggota
keluarga yang dapat menceritakan masa lalu kita adalah …
a. pak polisi c. tetangga
b. ayah
5. Contoh
peristiwa menyenangkan misalnya…
a. rumah kebanjiran c.
juara lomba menggambar
b. kehilangan uang
6. Contoh
peristiwa menyedihkan misalnya…
a. merayakan agustusan c. terbaring sakit
b. melihat sirkus
7. Kehilangan
uang termasuk peristiwa yang …
a. menyenangkan c. menyedihkan
b. bahagia
8. contoh
dari bilangan satuan adalah ….
a. 12
c. 37
b. 2
9. contoh
bilangan puluhan adalah …
a. 29
c. 7
b. 3
10.Mendapatkan sepeda baru merupakan
peristiwa yang …
a. menyusahkan c. menyedihkan
b. menyenangkan
KUNCI
JAWABAN
1. C
2. B
3. B
4. B
5. C
6. C
7. C
8. B
9. A
10. B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar