Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MI
Muhammadiyah Tambaharjo
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema : Kesehatan
Kelas/Semester : I /
2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. IPS :
2. Mendeskripsikan lingkungan rumah.
2. Matematika
3. Menggunakan pengukuran berat
B. Kompetensi Dasar :
1. IPS :
2.3. Menjelaskan lingkungan sehat dan
perilaku menjaga kebersihan rumah
2. Matematika
:
3.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan berat benda
C. Indikator
1. IPS
2.3.1. Menyebutkan bagian-bagian rumah
2.3.2. Menjelaskan ciri-ciri rumah sehat dan tidak
sehat
2.3.3. Menyebutkan contoh-contoh perilaku menjaga
kebersihan rumah
2. Matematika
3.1.1. Membandingkan
berat benda-benda di rumah
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui pengalaman diri
sendiri, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian rumah dengan baik dan benar
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri rumah sehat dan rumah tidak sehat
dengan baik
3. Melalui pengalaman diri
sendiri, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku menjaga kebersihan
rumah dengan baik dan benar
4. Melalui pengalaman diri
sendiri, siswa dapat membandingkan berat benda-benda di rumah dengan tepat
Karakter siswa yang
diharapkan :
- Toleransi
- Bersahabat/ Komunikatif
- Kreatif
E. Materi Ajar ( Materi Pokok )
:
1. IPS
Rumah
adalah tempat tinggal manusia
Rumah diperlukan setiap manusia
Rumah gunanya untuk berlindung dari cuaca, beristirahat serta berkumpul
dengan keluarga
Rumah yang sehat tidak harus besar, tetapi rumah yang bersih dan rapi
Rumah harus dibersihkan setiap hari, membersihkan rumah adalah kewajiban
penghuni rumah
Rumah yang bersih akan membuat kita menjadi betah dan nyaman
Bagian-bagian rumah adalah :
a.
ruang tamu, untuk menerima tamu
b.
ruang keluarga, untuk berkumpul bersama keluarga
c.
ruang makan, untuk makan bersama keluarga
d.
dapur, untuk memasak
e.
ruang tidur, untuk beristirahat
f.
tempat cuci, untuk mencuci piring dan lainnya
g.
kamar mandi dan WC, untuk membersihkan diri
Ciri-ciri rumah yang sehat adalah :
a. terdapat
jendela atau ventilasi, yang berfungsi sebagai pertukaran udara
b. udaranya segar dan bersih
c. memiliki ruangan yang lega
d. memiliki sumber air yang bersih
e. mendapat cukup sinar matahari
f. memiliki saluran pembuangan
yang baik
g. memiliki tempat pembuangan
sampah
h. memiliki halaman
Ciri-ciri rumah tidak sehat adalah :
a. tidak adanya jendela
b. udaranya kotor dan banyak
sampah di rumah
c. sumber airnya kotor
d. tidak mempunyai pembuangan yang
baik
e. tidak memiliki pembuangan
sampah
f. tidak memiliki halaman
contoh-contoh perilaku menjaga kebersihan rumah :
a. menyapu tiap ruangan
b. membersihkan kamar mandi, WC
dan tempat mencuci
c. menata tempat tidur
d. mengepel lantai
e. membersihkan dapur dan meja
makan
f. mencuci piring dan pakaian
g. membersihkan halaman dan
menatanya
h. mengelap jendela
2. Matematika
Sapu lebih berat
daripada kemoceng
Meja lebih berat
daripada kursi
Piring lebih berat
daripada sendok
F. Metoda Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Driil ( latihan soal )
G. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan awal
( 10 Menit )
- Salam pembuka, dengan cara menyapa siswa
tentang keadaan siswa dan kesiapan menerima pelajaran hari ini
- Menyampaikan SK, KD dan Tujuan Pembelajaran
- Memberikan motivasi dan apersepsi dengan menyanyikan
lagu “Bangun Tidur” secara bersama-sama
2. Kegiatan
inti ( 55
Menit )
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi
-
Siswa dan
guru melakukan tanya jawab mengenai keadaan lingkungan sekitar
-
Siswa mengamati gambar/ model alat kebersihan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
- Siswa menyebutkan kegunaan dari tiap alat
kebersihan tersebut.
- Siswa menyebutkan bagian-bagian rumah
- Siswa mendengarkan penjelasan
guru mengenai ciri-ciri rumah sehat dan tidak sehat
- Siswa menyebutkan
contoh-contoh perilaku menjaga kebersihan
- Siswa mengamati gambar
lingkungan sehat dan tidak sehat
- Siswa membandingkan berat
benda-benda di rumah
- Siswa mengerjakan latihan
soal yang diberikan oleh guru
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
- Siswa dan guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
- Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil
belajar
H. Alat dan Sumber Belajar
Alat Peraga :
- Gambar
contoh-contoh alat-alat kebersihan
- Gambar
rumah yang sehat dan tidak sehat
- Gambar
contoh-contoh perilaku menjaga kebersihan rumah
Sumber
belajar :
F Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1,
Indrastuti & Penny Rahmawati, penerbit : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, hal 103-120
F Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1,Edi Hernawan & Endang Hendayani,
penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, hal 129-148
I. PENILAIAN:
Tehnik penilaian : tes tertulis
Aspek yang
dinilai : pemahaman
Bentuk tes : latihan soal pilihan ganda
Instumen : terlampir
Pati, 14 Maret 2013
Mengetahui
Kepala MI Muhammadiyah Mahasiswa
Supervisor
2
Muamaroh,
S.Pd.I Nurul
Faimala
NIP.
195807181982032001 NIM.
822342475
LATIHAN SOAL
Nama :
Pilihlah
salah satu jawaban yang benar a,b atau c !
1. rumah
adalah tempat tinggal …
a. tumbuhan c. manusia
b. hewan
2. ruang
belajar suasananya harus …
a. tenang c. meriah
b. ramai
3. Fungsi
dari ruang keluarga adalah …
a. kumpul
keluarga c. tidur
b. makan
4. jendela harus dibuka pada pagi hari
supaya …
a. orang
bias masuk c. udara segar masuk
b. binatang
bias masuk
5. membersihkan rumah adalah tugas dari …
a. orang
tua c. anak-anak
b. semua
penghuni rumah
6. rumah yang sehat harus ada …
a. kamar
tidur c. taman
b. jendela
7. Ciri-ciri rumah tidak sehat adalah …
a. bersih c. rapi
b. kotor
dan kumuh
8. buku lebih … daripada pensil
a. berat c. kecil
b. ringan
9. gambar
di samping untuk membersihkan…
a. meja
b. tempat tidur
c. lantai
10. gambar
di samping merupakan ruang …
a. tamu
b. makan
c. belajar
KUNCI
JAWABAN
1. C
2. A
3. A
4. C
5. B
6. B
7. B
8. A
9. C
10. A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar